Laporkan Masalah

Dasar filosofis pendidikan kewarganegaraan relevansinya bagi peningkatan wawasan kebangsaan

HAKIM, Alif Lukmanul, Prof. DR. Kaelan, MS

2009 | Tesis | S2 Ilmu Filsafat

Realitas bahwa masalah degradasi wawasan kebangsaan di kalangan mahasiswa merupakan permasalahan krusial yang dapat mempengaruhi persatuan dan kesatuan bangsa yang sinergis dan konstruktif, maka upaya perwujudannya merupakan bagian yang sangat erat dengan hak dan kewajiban warganegara serta pemahaman yang komprehensif terhadap dasar filosofis dan essensi materi Pendidikan Kewarganegaraan. Berangkat dari premis tersebut, maka perlu dibangun kesadaran dan partisipasi aktif dari setiap warganegara berkaitan dengan upaya peningkatan dan penguatan wawasan kebangsaan. Salah satu unsur terpenting dalam upaya untuk menopang kesadaran dan praksis warganegara ialah melalui Pendidikan Kewarganegaraan untuk semua secara lintas formal dan komprehensif. Tujuan penelitian tesis ini adalah untuk mengetahui sejauh mana konsep Dasar Filosofis Pendidikan Kewarganegaraan dapat menjadi wahana bagi Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan tersampaikannya essensi materi Pendidikan Kewarganegaraan secara integral dan komprehensif. Penelitian ini dilaksanakan dengan cara meneliti pustaka terutama berkaitan dengan judul penelitian, baik berupa buku-buku maupun karya-karya ilmiah lain mengenai Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan landasan filsafat bangsa sebagai dasar filosofis dan menjadi essensi materinya merupakan salah satu upaya paling signifikan dan konkret untuk meningkatkan wawasan kebangsaan yang berorientasi pada civic intellegence (kecerdasan warga negara) dalam khazanah kemajemukan bangsa, serta penciptaan ruang bagi civic participation (partisipasi kewargaan yang luas dan terbuka bagi warga negara) melalui berbagai interaksi pembelajaran yang partisipatif, demokratis, emansipatoris dan berkeadaban secara ko-eksisten.

Problem of degrading sense of nationality among university students has been a crucial problem that may affect the synergistic and constructive national unity. The effort to achieve such a condition is inseparable from the rights and obligations of citizens and their comprehensive understanding about the philosophical basis and the essence of Citizenship Education materials. Based on those premises, it is necessary to build awareness and active participation from every citizen in the effort to improve and strengthen the sense of nationality. One of the most important elements in the effort to maintain awareness and praxis of citizens is provision of Citizenship Education for all citizens through formal and comprehensive ways. The research aims is to find out the extent to which the concept of Philosophical Basis of Citizenship Education could be used as a means in Improving Sense of Nationality and the success of conveying the essence of Citizenship Education materials in integral and comprehensive ways. This research was conducted by examined the literatures, especially those that were relevant to the title of present study, in the form of books or other scientific works on Citizenship Education. Based on the results of this research, it was concluded that the course on Citizenship Education, based on national philosophy as its philosophical basis and essence of its materials, was one of the most significant and concrete efforts to improve the sense of nationality, which is oriented towards civic intelligence (intelligence of the citizens) within the plural nation, and creation of space for civic participation (broad and open participation of for all citizens) through various learning interactions those are participative, democratic, emancipatory, and civilized coexistence.

Kata Kunci : Dasar filosofis,Pendidikan kewarganegaraan,Wawasan kebangsaan,Essensi materi, Philosophical basis, Citizenship education, Sense of nationality, the materials essence


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.