Laporkan Masalah

Analisis efisiensi dan efektivitas pungutan retribusi pasar di Kabupaten Sorong

SIMORI, Yahya, Drs. Ahmad Jamli, M.A

2009 | Tesis | S2 Magister Ekonomika Pembangunan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas dan efisiensi pemungutan retribusi pasar, untuk mengetahui kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah, untuk mengetahui potensi, tingkat pencapaian target dan elastisitas retribusi pasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif. Adapun yang dijadikan populasi adalah realisasi retribusi pasar dan pendapatan asli daerah tahun 2003-2007. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel karena jumlah populasi yang diambil kurang dari 100, maka seluruh populasi yang ada dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini juga tidak menggunakan sampling karena semua populasi yang ada dijadikan subjek penelitian. Data yang digunakan yaitu data sekunder sedangkan metode pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi, observasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemungutan retribusi pasar selama tahun 2003-2007 seluruhnya efektif hal ini terbukti pada tahun 2004-2007 persentasenya lebih dari 100 persen, karena dari perhitungan rasio efektivitas retribusi pasar menunjukkan hasil lebih dari 100 persen, yakni tahun 2004 mencapai 201,32 persen tahun 2005 mencapai 111,06 persen dan tahun 2006 mencapai 105,87 persen, dan tahun 2007 mencapai 122,13 persen. Dari segi efisiensi pemungutan retribusi pasar dari tahun 2003-2007 sudah efisien, terbukti dari perhitungan rasio efisiensi menunjukkan hasil kurang dari 100 persen. Yakni pada tahun 2003 sebesar 9,88 persen tahun 2004 12,35 tahun 2005 sebesar 10,89 persen, tahun 2006 sebesar 10,09 persen dan tahun 2007 sebesar 10,47 persen. Kontribusi retribusi pasar terhadap pendapatan asli daerah selama tahun 2003- 2007 mengalami fluktuasi tiap tahunnya dengan kontribusi terendah sebesar 7,62 persen, kontribusi tertinggi sebesar 12,31 persen dan rata-rata kontribusi sebesar 48,15 persen.

This research aims to observe the degree of effectiveness and efficiency of traditional market retribution collection, to observe the contribution of traditional market retribution to gross regional product and to observe potency, degree of target achievement, elasticity and trend analyzes of the traditional market retribution revenue. This research is a kind of descriptive research. The thing that is considered as the population is the realization of traditional market retribution and the gross regional product in the year 2003-2007. The sample does not used in this research because the number of the population which is taken is less than 100, so the whole existed populations are used as the research subject. The sampling also does not used in this research since all existed populations are used as the research subject. The data that is used by the writer is secondary data while the method of collecting data is done by using documentation and observation method. From the research result, it can be inferred that all of the traditional market retribution collections during the year 2003-2007 are effective and this case is proved in the year 2004-2007, the percentage is higher than 100 percent, because from the calculation of effectiveness ratio of traditional market retribution shows that the result is more than 100 percent, that is in the year 2004 reaches 201.32 percent, the year 2005 reaches 111.06 percent, and in the year 2006 reaches 105.87 percent, and in the year 2007 reaches 122.13 percent. From the efficiency aspect, the collection of traditional market retribution from 2003-2007 has already efficient, it is proved by the calculation of efficiency ratio that shows the result is less than 100 percent. In the year 2003 is 9.88 percent, in the year 2004 12.35 percent, in the year 2005 10.89 percent, in the year 2006 is 10.09 percent, and in the year 2007 is 10.47 percent. While the contribution of traditional market retribution to gross regional product during 2003-2007 has been fluctuated per year with the lowest contribution is 7.62 percent, the highest contribution is 12.31percent and the average contribution is 48.15 percent.

Kata Kunci : Efisiensi,Efektivitas,Retribusi pasar,Efficiency, Effectiveness, Market Retribution


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.