Laporkan Masalah

Pemrograman tebal lapis perkerasan lentur dengan optimasi harga

WAHYUDI, Budi, Ir. Djoko Murwono, M.Sc

2009 | Tesis | S2 Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Beberapa metoda perancangan tebal perkerasan lentur telah dibuat program komputer antara lain; program BISAR dari metode SHELL dan CIRCLY dari metode AUSTROADS, khusus metode perancangan tebal perkerasan lentur dari metode BINA MARGA belum ada langkah kearah komputerisasi. Program komputer pada umumnya sangat membantu dalam suatu pekerjaan terutama untuk suatu program perhitungan dapat meningkatkan ketelitian dan efisiensi waktu pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat program perancangan tebal lapis perkerasan menggunakan metode Bina Marga. Penelitian ini membangun software program perancangan lapis perkerasan lentur menggunakan program DELPHI 7 yang terdiri dari 3 ( tiga ) menu utama yaitu perencanaan menerus, perencanaan bertahap dan overlay. Pembuatan software ini berdasar pada metode Bina Marga dengan beberapa modifikasi khususnya untuk penentuan nilai ITP menggunakan pengembangan rumus AASHTO, penentuan Vehicle Damage Factor ( VDF ) untuk triaxle mengacu pada metode AUSTROADS, Jenis dan tipe kendaraan mengacu pada Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Darat. Berdasarkan hasil simulasi program tingkat ketelitian nilai ITP lebih tinggi yaitu ± 0,001 untuk setiap nilai IP0, dibandingkan cara manual tingkat ketelitian nilai ITP untuk setiap nilai IP0 yang ditargetkan mencapai 3,834. Proses perancangan menggunakan program lebih cepat dan lebih mudah melakukan optimasi harga perkerasan lentur dibanding menggunakan cara manual.

There are many software can be used for designing thickness pavement structure like BISAR programme from SHELL method and CIRCLY from AUSTROADS. Until now, design thickness of flexible pavement structure by using BINA MARGA method must be done manually, because the BINA MARGA software has not been available. Pavement thickness design software have many advantages reduced time consumed and high accuration calculation. The aim of this research is produce pavement design programme using BINA MARGA method. This flexible pavement layer design software is built with DELPHI 7 programme wich content of 3 ( three ) main menus are full design, phase design and Overlay design. This software was composed based on BINA MARGA design method with some modification in determination ITP value using the developing of AASHTO formula and triaxle Vehicle Damage Factor ( VDF ) by refering to AUSTROADS method. Vehicle type and axle configuration based on vehicle standart was issued by Land Communication general Director. Based on simulation result this software increase carefulness level of ITP value is more advanced that ± 0,001 for each IP0 value targets, compared with manual method carefulness level of ITP value is up to 3,834 for each IP0 value targets. The advantages of this programme beside to accelerate the calculation process can be used to estimate construction cost.

Kata Kunci : Perkerasan lentur,Program


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.