Muslim Melayu Bali: antara identitas dan hibriditas :: Studi tentang konstruksi identitas komunitas muslim Melayu di Desa Loloan Timur Kabupaten Jembrana Bali
SYAFRINI, Delmira, Prof. Dr. Heru Nigroho
2009 | Tesis | S2 SosiologiTesis ini mendeskripsikan bagaimana konstruksi identitas yang dilakukan oleh komunitas muslim melayu Loloan Timur yang menjadi komunitas minoritas diantara kuatnya budaya Hindu di Jembrana Bali. Karena memang Bali yang selama ini terkenal dengan pulau seribu Pura, ternyata tidak selalu berarti Hindu. Ada perkampungan yang di huni oleh komunitas muslim Melayu yang telah menetap di Bali sejak abad ke XV. Perkampungan itu adalah Loloan Timur yang terletak di Kabupaten Jembrana Bali. Komunitas muslim minoritas yang hidup diantara penduduk Jembrana yang mayoritas beragama Hindu selama V abad lamanya, namun masih bisa menjaga tradisi dan identitas mereka sebagai muslim Melayu ditengah budaya Hindu dan tradisi Hindu yang mengakar kuat. Mereka mampu menjadi bagian dari warga Jembrana, hidup berdampingan dengan komunitas Hindu tanpa adanya konflik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan cara pengambilan data menggunakan purposive sampling, dimana informan diambil berdasarkan kriteria-kriteria yang peneliti tetapkan dari berbagai kalangan masyarakat, baik Islam ataupun Hindu, tokoh masyarakat ataupun masyarakat biasa yang telah tinggal dan hidup menetap di Loloan Timur minimal 10 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan terlibat (observation participation) serta wawancara terbuka dan mendalam (indeph interview), dimana peneliti tinggal dan terlibat langsung dalam kegiatan masyarakat selama 3 bulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa komunitas muslim Melayu Loloan Timur berada pada dua posisi. Antara status sebagai bagian dari masyarakat Bali yang harus mampu beradaptasi dan mengambil tempat diantara masyarakat Bali yang mayoritas Hindu, sekaligus sebagai komunitas muslim Melayu yang harus mampu menjaga identitas mereka sebagai kelompok minoritas. Pada kenyataannya komunitas ini mampu menempatkan diri pada dua posisi tersebut. Melakukan konstruksi terhadap identitas mereka, melalui lembaga perkawinan dan pendidikan, sekaligus melakukan negosiasi terhadap budaya mayoritas dengan mengambil posisi penting dalam sektor perekonomian rakyat. Hingga melalui konstruksi dan negosiasi tersebut mereka mampu melakukan akulturasi yang juga melahirkan budaya hibrid, antara Melayu dan Bali. Pada akhirnya dengan perbedaan yang ada, komunitas muslim ini diterima dan diakui sebagai bagian dari masyarakat Bali dan dikenal juga sebagai komunitas muslim Melayu Bali.
This thesis describes the identity construction performed by the East Loloan Malay Muslim community which has become the minority community in the strong Hindu culture in Jembrana, Bali. The fact that Bali has been known as the island of a thousand temples does not always mean that Bali is only inhabited of Hindu community. There is a village (kampung) where Malay Muslim has already been living to 15th century, namely East Loloan located in Jembrana Bali. The minority Muslim community can proof that they could maintain there own tradition amidst Hindu culture and tradition which has strongly rooted for centuries. They have been able to posit them selves as part of the Jembrana citizens, who are living peacefully side by side with Hindu community without any recorded conflict. The method applied in this research is qualitative method having descriptive character by acquiring data using purposive sampling, the informants are taken based on criteria established by ressearcher from various levels of the society, both from the Muslim and the Hindu community, there are society leaders and dwellers in the village, who have lived and stayed in East Loloan for 10 years in minimum. Technique on data ghatering is performed through observation participation and indepth interview, where the researcher was living and involving in the East Loloan peoples activities for 3 months. From the research performed, it was fo und that the East Loloan Malay Muslim community stands on two positions. First is in the position as a part of the Balinese community which make them be able to adapt and to take a part among the Hindu majority, second as the Malay Muslim community they must be able to maintain their identity as a minority group. In reality this community has been able to place themselves in both positions and performing their identity construction, through particularly marital and educational institutions, while they are negotiating of their position as minority towards the majority populations culture by taking important positions in economic sector in society. Therefore through such construction and negotia tion these Muslim community are able to acculturate and to produce a hybrid culture, between Bali and Muslim culture. Finally with existed differences, this Muslim community is accepted and acknowledged as a part of the Balinese community known as the ‘Balinese Malay Muslim’.
Kata Kunci : Komunitas muslim melayu Bali,Konstruksi identitas,Budaya hibrid,Balinese Malay Muslims Community, Identity Construction, Hybrid Culture