Efektifitas kerjasama UNDP dan Pemerintah Indonesia dalam pencapaian program MDGs pada bidang pendidikan di Indonesia periode tahun 2001-2007
INDANA, Faida, Dr. Nanang Pamuji Mugasejati
2009 | Tesis | S2 Ilmu PolitikPada rentang tahun 2001-2007 sebagai periode waktu yang merepresentasikan periode era globalisasi perkembangan informasi dan telekomunikasi telah menunjukan taraf yang signifikan. Akibatnya masalah yang terjadi di berbagai negara di belahan dunia akan dapat dengan mudah di akses oleh negara lain. Beberapa masalah pada periode waktu tersebut yang menjadi isu mengemuka antara lain adalah masalah demokratisasi, penegakan hak asasi manusia, lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat negara-negara miskin-berkembang. Keberadaan Indonesia sebagai salah satu negara berkembang di dunia, pada periode tahun 2001-2007 ternyata tidak lepas dari berbagai problematika bidang sosial, yang antara lain adalah masalah pendidikan. Masalah tersebut terjadi akibat berbagai permasalahan yang kompleks, antara lain karena minimnya anggaran pendidikan di Indonesia, kurang optimalnya koordinasi, minimnya kualitas sumber daya manusia, faktor geografis dan masalah-masalah vital lainnya. Pada periode waktu yang sama, PBB melalui lembaga UNDP memproklamasikan program yang dinamakan MDGs (Millenium Development Goals). Program ini ditujukan untuk mengentaskan masalah-masalah sosial di berbagai negara dunia, yang antara lain menyangkut masalah pendidikan masyarakat. Keberadaan UNDP dalam programnya MDGs pada periode tahun 2001-2007 terbukti secara signifikan mampu mendukung pengembangan sektor pendidikan masyarakat di Indonesia. Dalam implementasinya, dukungan UNDP dalam bidang pendidikan di Indonesia sebagai bagian dari pencapaian program MDGs, diwujudkan dalam dua hal yaitu dukungan teknis dan dukungan koordinasi. Langkah ini terbukti efektif dalam ikut mendukung penanganan masalah pendidikan di Indonesia karena tidak memiliki tendensi dan korelasi pada masalah-masalah politik ataupun pada pembuatan kebijakan di Indonesia yang dianggap sebagai masalah atau isu yang sensitif. Dalam karya penelitian ini penulis akan menjabarkan tentang berbagai dinamika efektifitas strategi pencapaian MDGs oleh UNDP pada bidang pendidikan di Indonesia. Parameter efektifitas tersebut dijalankan berdasar analisa penulis menggunakan teori efektifitas yang dikemukakan oleh Arield Underdal. Dalam penelitian ini, penulis dapat menarik “benang merah†bahwa implementasi strategi UNDP tersebut terbukti efektif dalam ikut menangani problematika pada bidang pendidikan di Indonesia. Gambaran mengenai implementasi strategi dan analisa efektifitas tersebut kesemuanya akan dibahas dalam karya penelitian ini.
Within the year of 2001-2007, as the time period which represents the globalization era, the development of technology and information had shown a significant level. As the effect, the problems which happened in many different countries all over the world would be much easier to be accessed by other countries. Some of the problems in that current time period which became great issues were democratization, human rights, living environment, and prosperity of people in the poor and developing countries / third party countries. Indonesia as one of the developing country in the world, was actually unable to escape from social issues in 2001-2007 time period, one of them was education issue. This issue happened because there were so many complex issues, among others was because the lack of education estimation in Indonesia, less effective coordination, lack of human resources, geographic factor and many other vital issues. At the same period of time, UN passed through UNDP to proclaim a program called MDGs (Millennium Development Goals). This program was intended to solve social issues in many countries, in which among others was the education issue happened in society. The presence of UNDP with its MDGs program within the year of 2001-2007 has been proven to be able to significantly help the development of education sector for Indonesian society. In its implementation, UNDP supports toward education sector in Indonesia as part of the MDGs achievement were divided into two parts; they were technical supports and coordination supports. These steps were proven to be effective on solving education issue in Indonesia as there were no tendencies and correlation towards political issue or the making of policy in Indonesia that were considered sensitive issue. In this thesis, the writer will draw explanations of various dynamic affectivity of MDGS achievement strategy by UNDP toward education in Indonesia. The parameter of effectiveness was based on the writer's analysis using the theory of effectiveness suggested by Arield Underdal. In this research, the writer can drag a red line that the implementation of UNDP's strategy was proven to be effective to handle educational problems in Indonesia. The depiction of both the implementation strategy and the effectiveness analysis will be explained in this thesis.
Kata Kunci : MDGs,Efektifitas,Pendidikan