Hubungan antara faktor kemampuan dan motivasi kerja dengan kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Ciamis
PURNAMA, Mamat, Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., Ph.D
2009 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan MasyarakatLatar Belakang : Dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal diperlukan adanya peningkatan pelayanan kesehatan yang menyeluruh, merata, terpadu dan bermutu, maka salah satu upaya yang perlu dilakukan adalah pengadaan tenaga kesehatan melalui penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan termasuk pendidikan keperawatan dan kebidanan. Dosen sebagai tenaga pelaksana penyelenggaraan pendidikan dalam melaksanakan tugas pokok akademik sangat berpengaruh dalam proses belajar mengajar mahasiswa dan berperan penting dalam meningkatkan mutu pendidikan serta menentukan pencapaian tujuan pendidikan. Faktor kemampuan (pengetahuan) dan motivasi mempengaruhi kinerja dosen dalam melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat). Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara faktor kemampuan dan motivasi kerja dengan kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Ciamis. Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan rancangan cross sectional (potong lintang) yaitu penelitian yang memberikan informasi mengenai situasi yang ada dengan cara mengamati antara variabel bebas dan veriabel terikat secara bersama-sama. Metode pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil : Faktor kemampuan dan motivasi mempunyai hubungan yang signifikan secara statistik (p<0,05) dengan kinerja dosen pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Ciamis. Semakin buruk kemampuan dan motivasi kerja, maka semakin buruk kinerja dosen dalam melakukan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi (pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat). Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna secara statistik antara faktor kemampuan dan motivasi dengan kinerja dosen dalam melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Ciamis. Saran : Perlu adanya perencanaan yang bagus dalam meningkatkan pengetahuan dosen melalui perencanaan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang sesuai dengan latar belakang pendidikan dengan memberikan beasiswa untuk mengambil pendidikan lanjutan. Perlu adanya perhatian dari pihak pimpinan bahwa dalam meningkatkan kinerja dosen perlu adanya motivasi yang tinggi, misalnya pemberian insentif didasarkan pada tingkat kinerja dosen yang berprestasi, memberikan penghargaan bagi dosen yang mempunyai tingkat kinerja bagus.
Background: Realizing the optimum public health status requires an improvement which is comprehensive, equal, integrated and qualified. Therefore, one effort need to be carried out is the procurement of health staff through health education including nursery and midwifery education. The teacher (lecturer) as the person responsible for of education in conducting the academic work influences the teaching and learning activity of the students and plays an important role in improving the educational quality and achieving the educational objective. The knowledge (capacity) and motivation factors affect the teacher performance in carrying out the activities specified in Tridarma Perguruan Tinggi (education and training, research and community service). Objective: To identify the correlation between the knowledge and motivation factors and the teacher’s performance in Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah, Ciamis (Health Science Institute of Muhammadiyah, Ciamis). Method: The research applied descriptive-analytic method and cross sectional design; i.e. the research provided information on the situation by simultaneously observing the independent and dependent variables. Result: The knowledge and motivation factors obtain statistically significant correlation (p<0,05) with the teacher’s performance in Health Science Institute of Muhammadiyah, Ciamis The lower the knowledge and occupational motivation is, the lower the teacher’s performance will become in carrying out the activities in Tridarma Perguruan Tinggi (education and training, research and community service). Conclusion: There was a statistically significant correlation between the knowledge and motivation factors and the teacher’s performance in carrying out the activities in Tridarma Perguruan Tinggi (education and training, research and community service) of Health Science Institute of Muhammadiyah, Ciamis. Suggestion: A good plan is necessary in improving the teacher’s knowledge through higher education planning which is inaccordance with the educational background through providing the scholarship to pursue further education. Good attention is required from the stakeholder in that realizing the teacher’s performance requires higher motivation, i.e. providing an incentive on the basis of the teacher’s performance level, providing an appreciation for the teacher acquiring good level of performance.
Kata Kunci : Kemampuan,Motivasi,Kinerja,Dosen, Knowledge, motivation, performance, teacher