Laporkan Masalah

Reorientasi strategi rencana jangka panjang PT Madu Baru Yogyakarta

RARES, Irwan Revianto, Dr. Ir. Suhatmini Hardyastuti, MS

2009 | Tesis | S2 Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilaksanakan di PT Madubaru Yogyakarta dengn tujuan mengetahui perkembangan kinerja PT Madubaru dari aspek produksi dan keuangan, serta mengetahui pilihan strategi untuk mencapai tujuan PT Madubaru yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari perusahaan berupa laporan produksi, laporan keuangan, dan laporan manajemen dari tahun 2005 sampai dengan 2009, serta hasil group diskusi yang diikuti 64 responden. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis komparatif dan analisi swot. Untuk mengetahui perkembangan kinerja perusahaan menggunakan analisis komparatif. Untuk mengetahui pilihan strategi yang tepat untuk mencapai tujuan yang diharapkan menggunakan analisis swot. Hasil penelitian menunjukkan Permasalahan PT Madubaru terjadi pada tahun 2008 karena tidak tercapainya sasaran kinerja PG. Hal tersebut disebabkan penerapan strategi yang tidak optimal dalam menghadapi perubahan lingkungan. Untuk itu perlu dilakukan reorientasi strategi untuk RJPP PT Madubaru. Berdasarkan analisa SWOT dan Pemetaan Produknya, pilihan Strategi Korporasi yang tepat untuk mencapai sasaran perusahaan adalah Strategi Turn Around atau Strategi Konservatif dengan menerapkan Strategi Bisnis Produknya sbb : 1. Untuk Gula memakai Strategi Stabilitas yaitu bertahan untuk menghindari penurunan penjualan dan kerugian sekarang ataupun di masa yang akan datang. 2. Untuk Alkohol memakai Strategi Integrasi Horisontal yaitu berupaya meningkatkan penjualan dan laba dengan cara mendapatkan skala ekonomis yang lebih besar dalam produksi dan pemasaran. 3. Untuk kedua produk tersebut memakai juga Strategi Keunggulan Biaya Menyeluruh (Overall Cost Leadership), yaitu strategi bersaing dengan biaya yang rendah.

This research represent case study conducted in PT Madubaru Yogyakarta that aim to find out the growth of company’s production performance and company’s finance performance for reoriented strategy to find objective of long planning. This research using secondary data from company in the form of production report, financial statement, and management report, focus in year 2005 until 2008 and result of group disccustion at 64 respondens. The research method used are comparative analysis and swot analysis. The Comparative Analysis is a method for determining the current value of a company by examining and comparing the financial ratio of relevant peer groups, also often described as comparable company analysis or comps. This analysis to know strengths and weaknesses internal to the organization, and opportunities and threats presented by the external environment to the organization of PT Madubaru. The aim of any SWOT analysis is to identify the key internal and external factors that are important to achieving the objective. SWOT analysis groups key pieces of information into two main categories : Internal factors – The strengths and weaknesses internal to the organization, and External factors – The opportunities and threats presented by the external environment to the organization. The internal factors may be viewed as strengths or weaknesses depending upon their impact on the organization's objectives. What may represent strengths with respect to one objective may be weaknesses for another objective. The factors may include all as well as personnel, finance, manufacturing capabilities, and so on. The external factors may include macroeconomic matters, technological change, legislation, and socio-cultural changes, as well as changes in the marketplace or competitive position. The results are often presented in the form of a matrix swot. And than the strategy determened by 9 sell of GE Matrik. The research shows that the corporate strategy of PT Madubaru is turn-around strategy or conservative strategy. And bussines strategy is stability strategy for sugar factory, and horisontal integration strategy for ethanol factory. The both factory take overall cost leadership strategy.

Kata Kunci : Strategi korporasi,Strategi bisnis,produk, Corporate Strategy, Bussines Strategy.


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.