Analisis proses keputusan pembelian :: Survey konsumen pada keputusan pembelian notebook
AFIATI, Andi Vesselina, Teguh Budiarto, Drs., MIM
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenMemahami perilaku konsumen adalah hal yang sangat penting bagi para pemasar untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasarannya. Produk yang sama kemungkinan memberikan manfaat yang berbeda kepada konsumen yang berbeda. Perusahaan harus menanggapi kebutuhan konsumen secara individual. Keanekaragaman produk membuat konsumen lebih cermat dalam membuat keputusan untuk membeli produk tersebut. Selain itu, pembelian yang bersifat kompleks dan mahal lebih membutuhkan keterlibatan dan partisipasi dari konsumen. Konsumen melewati lima tahap proses yang disebut sebagai proses keputusan pembelian yang terdiri dari pengenalan masalah, pencarian informasi, mengevaluasi alternatif, keputusan pembelian dan Perilaku pasca pembelian. Proses ini dipengaruhi oleh faktor pemasaran, mencakup produk, harga, promosi dan distribusi, dan faktor lingkungan, mencakup lingkungan ekonomi, teknologi, politik dan budaya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dan mengetahui pengaruh yang paling besar antara variabel bebas yaitu produk, harga, promosi, distribusi, ekonomi, teknologi, politik dan budaya terhadap variabel terikat yaitu tahap-tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Notebook dipilih sebagai produk yang diteliti karena pada saat ini pasar Notebook merupakan salah satu lingkungan pasar yang paling bergejolak disebabkan adanya persaingan dan perubahan yang meningkat. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa produk, harga, promosi, distribusi, ekonomi, teknologi, politik dan budaya secara signifikan mempengaruhi setiap tahap proses keputusan pembelian, yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Terdapat perbedaan pada besarnya pengaruh dari setiap komponen variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa produk memiliki pengaruh paling besar terhadap pengenalan masalah, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pasca pembelian. Sedangkan ekonomi memiliki pengaruh peling besar terhadap pencarian informasi. Secara keseluruhan, pengaruh produk terhadap evaluasi alternatif merupakan pengaruh yang paling besar dalam penelitian ini.
Understanding consumer behavior is very important for marketers in order to meet and satisfy target customers’ needs and wants. The same product might be has different purposes for different consumers. Companies have to respond to each customer’s individual need. The variety of products makes consumers to be more accurate in making decision to purchase the products. Besides, complex and expensive purchases are likely to involve more buyer deliberation and more participants. Consumers move through a five-step of process in purchasing products to satisfy their needs and wants. The five-step of process which known as buying decision process include problem recognition, information search, evaluation of alternatives, purchase decision and postpurchase behavior. This process is influenced by marketing factor, consists of product, price, promotion, and place/distribution, and environmental factor, consist of economic, technology, politic, and cultural. The objective of the research is to analyze the influence and to find the biggest influence of independent to dependent variables. Independent variables of the research are product, price, promotion, place/distribution, economic, technology, politic and cultural. Dependent variables of the research are problem recognition, information search, evaluation of alternatives, purchase decision and postpurchase behavior. The research uses multiple linear regression analysis. Notebook is choose as the product of the research since Notebook markets are one of the most turbulent market environments today due to increased competition and change. The result of the research reveals that product, price, promotion, place/distribution, economic, technology, politic and cultural are significantly influenced every step of buying process decision, which are problem recognition, information search, evaluation of alternatives, purchase decision and postpurchase behavior. The result indicates that product has the biggest influence to problem recognition, evaluation of alternatives, purchase decision and postpurchase behavior. Economic has the biggest influence to information search. The influence of product to evaluation of alternative is the biggest influence on the whole.
Kata Kunci : Perilaku konsumen,Proses keputusan pembelian,Notebook, Consumer Behavior, Buying Decision Process, Notebook