Laporkan Masalah

Strategi aliansi dan kemitraan dalam menghadapi persaingan industri perbankan Indonesia :: Studi pada kemitraan antara PT Bank Negara Indonesia, Tbk dan PT Pos Indonesia

HERNANDOS, Erwin, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA., MPM

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Aliansi merupakan sebuah fitur penting dalam bisnis modern untuk menjadikan perusahaan menjadi lebih kompetitif baik dalam skala nasional ataupun skala global. Banyak perusahaan perbankan menggunakan aliansi untuk bersinergi dengan perusahaan lain. Aliansi strategis merupakan sebuah kontrak jangka panjang yang menjadikan kedua perusahaan melakukan kerja sama yang saling menguntungkan. Penelitian ini menyajikan suatu pendekatan studi kasus dalam suatu pemilihan faktor sukses strategi aliansi. Key success factors adalah suatu elemen penting bagi keberhasilan strategi aliansi. Pemilihan meliputi beberapa kriteria yang dapat dikelompokkan menjadi dua kriteria, yaitu kriteria kuantitatif dan kriteria kualitatif. Pendekatan dengan menggunakan Multiple Criteria Decision Making (MCDM) digunakan untuk memecahkan pemilhan faktor yang mempengaruhi keberhasilan aliansi. Dari awal penelitian dirumuskan 13 sukses faktor yang didapat melalui data yang diperoleh dari hasil interview, observasi langsung dan informasi dari pihak ketiga. Ke 13 sukses faktor tersebut dievaluasi menggunakan Multiple Criteria Decision Making (MCDM) dan didapatlah 6 key success factors yang meliputi teknologi, trust, tangible cues, coverage area, promosi dan reputasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknologi merupakan elemen yang paling penting dalam keberhasilan sebuah aliansi

Alliances have become a central feature of modern business to make firm become more competitive globally. Many banking firms are using alliances to contract with other companies. Strategic alliances are long-term contracts between legally distinct organizations that provide for sharing the costs and benefit of a mutually beneficially activity. This research presents a case study in selecting the success factors of strategic alliances. Key success factors are elements that are vital for a strategy to be successful. The selection involves several criteria that can be grouped into two general criteria, namely qualitative and quantitative criteria. Multiple Criteria Decision Making (MCDM) approach is utilized to solve the selection problem. Due to first selection, 13 success factors are under consideration from collected data by interview, direct observation, and information from third party. Those success factors are evaluated using Multiple Criteria Decision Making (MCDM) and gets 6 Key success factors. Those keys are technology, trust, tangible cues, coverage area, promotion and reputation. This research found that technology is the most vital element for a successful strategic alliance.

Kata Kunci : Strategi aliansi,Key succes factors,Multiple criteria decision making,Strategic Alliance


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.