Evaluasi peranan KBS online dalam membantu pembelajaran siswa SMP di Yogyakarta
WIDAWATI, Arie, Ir. Surjono, M.Phil
2008 | Tesis | S2 Teknik ElektroKonsultasi Belajar Siswa Online (KBS Online) adalah fasilitas konsultasi belajar siswa berbasis web yang disediakan oleh pemerintah daerah Kota Yogyakarta. Tujuan utama dari fasilitas ini adalah untuk memberikan bantuan bagi siswa di Yogyakarta (dari sekolah dasar ke sekolah menengah atas) sehingga mereka dapat menemukan jawaban atau solusi di luar waktu sekolah. Beberapa guru dijadwalkan pada hari dan jam tertentu di Sekretariat KBS Online, untuk menjawab pertanyaan siswa baik online maupun offline (siswa mengunjungi Sekretariat KBS Online di Taman Pintar). Kualitas KBS Online sebagai sistem informasi terutama didasarkan pada kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanannya. Untuk mencapai kualitas yang diharapkan, guru, siswa, dan sekolah sebagai pengguna utama sistem, diharapkan untuk memainkan peran mereka sebaik mungkin. Guru diharapkan menjawab semua pertanyaan yang disampaikan oleh siswa secepat dan seakurat mungkin. Para siswa mengeksplorasi pengetahuan mereka dengan memanfaatkan semua media yang tersedia di luar sekolah mereka. Di sisi lain, sekolah diharapkan dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih. Tesis ini akan menganalisa kualitas KBS Online dari perspektif siswa. Pertanyaan penelitian adalah apakah layanan ini memuaskan dan membantu siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memanfaatkan Model Kesuksesan Sistem Informasi dari DeLone dan McLean, 2003. AMOS versi 7 digunakan sebagai alat untuk menganalisis model, yang didasarkan pada model persamaan struktural (SEM).
Online Students Learning (KBS Online) is a web-based students learning consultation facility provided by the local government of Yogyakarta. The main objective of this facility is to provide students in Yogyakarta (from elementary schools to senior high schools) with help-desk so that they can find answers or solutions outside the school time. Some teachers are scheduled daily on a certain hours to be on-site, to answer students’ question online as well as offline (students visit the KBS Online office at Taman Pintar Park). The quality of KBS Online as an information system is mainly based on its system quality, information quality, and service quality. To achieve the expected quality, teachers, students, and schools as the main users of the system, are expected to play their respected role. Teachers are expected to answer all the questions raised by students as quick and accurate as possible. Students are to explore their knowledge by all available media outside their schools. On the other hand, schools are expected to motivate students to learn more. This thesis will analyze the quality of KBS Online from the perspective of students. The research question is whether the service satisfies and helps students in the learning process. This research exploits Information System Successful Model provided by DeLone & McLean, 2003. AMOS version 7 was used as a tool to analyze the model, which was based on structural equation model (SEM).
Kata Kunci : konsultasi online, KBS Online, model persamaan struktural, online consultation, structural equation model