Operational excellence melalui penggunaan six sigma :: Studi perbandingan cara pengaplikasian konsep six sigma antara Bank B dan Bank D
MULYANI, Tandiyo Inda, Fahmi Radhi; Dr., MBA
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenDari beberapa perusahaan yang menerapkan operational excellence yang menggunakan Six Sigma dan atau Lean Sigma, masing-masing memiliki perbedaan dalam aplikasi penggunaan alat tersebut. Kondisi ini menjadi hal yang menarik untuk dikaji secara lebih lanjut, untuk dilakukan penelitian dengan membandingkan dua perusahaan pengguna Six Sigma dan atau Lean Sigma dengan tujuan untuk mengevaluasi apakah penggunaan Six Sigma I Lean Sigma sebagai alat perbaikan dapat diaplikasikan di perusahaan yang bergerak di bidang perbankan khususnya di Bank B dan Bank D, mengevaluasi faktor-faktor apa saja yang mendasari perbedaanlpersamaan cara aplikasi alat perbaikan tersebut dan mengevaluasi apakah hasil akhir suatu proyek perbaikan dipengaruhi oleh cara pengaplikasian alat yang dipergunakan Untuk menjawab tujuan penelitian dilakukan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan Pyramida Principles Barbara Minto Hasil analisis menunjukkan bahwa secara umum dapat disimpulkan perbedaan cara aplikasi alat perbaikan tidak mempengaruhi kinerja alat tersebut, sepanjang pelaku pengguna alat tersebut memahami dengan baik apa yang menj adi tujuan yang mendasar dari alat perbaikan tersebut dan berkomitmen tinggi dalam melaksanakan proyek perbaikan proses yang dilakukannya. Hal lain yang dapat di simpulkan adalah keterlibatan Pimpinan tingkat atas akan sangat berpengaruh terhadap penerimaan penggunaan alat tersebut dan keperdulian Pimpinan terhadap keberhasilan proyek akan menj adi pernicu bagi pelaksana proyek untuk dapat men yelesaikan proyek sesuai dengan tujuan yang memberi dampak positif terhadap kemajuan perusahaan. Kata kunci : Operational excellence, perbaikan proses, perbedaan pengaplikasian, keterlibatan pimpinan
Six Sigma or Lean Sigma implementation are various in many companies, each will use full modul of the concept or even modified in some areas in order to find the best result for the company. The differences will encourage people to know if there are any different result cause by those differences. The goals of this research are in order to evaluate whether Six Sigma I Lean Sigma can be applied as improvement tools in banking industry especially in Bank B and Bank D, evaluate what factors that become basic consideration to apply those improvement tools in different/similar approaches and evaluate whether the end result of an improvement is being impacted by the way of the implementation. To answer the goals of the research, will be use Pyramid Principles by Barbara Minto to do the descriptive analisys. Observation showed some result that can be summarized in general that differences approach of Six Sigma and Lean Sigma implementation did not influence or impact on the result, as long as the user has deep understanding what the basic goal of the tools and has high commitment in conducting improvement projects. The involvement of top management is giving greater advantage for successing Six Sigma or Lean Sigma implementation, for the sake of corporate goals. Key words Operational excellence, process improvement, different approach, leader's involvement
Kata Kunci : Operational excellence,Perbaikan proses,Perbedaan pengaplikasian,Keterlibatan pimpinan