Laporkan Masalah

Beberapa variabel yang berpengaruh terhadap penjualan cat anti korosi yang ramah lingkungan

MOKOGINTA, Norman Rinaldy, Hargo Utomo, Dr., MBA., M.Com

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

PT Hempel Indonesia sebagai manufaktur cat anti korosi menghadapi persaingan akibat dari perubahan regulasi global yang mengakibatkan persaingan yang cukup ketat di pasar terutama sejak dikeluarkannya berbagai regulasi mengenai VOC atau Volatile Organic Compound, reaksi pasar terutama pasar di segmen minyak dan gas amat responsif, dengan tempo relatif cepat industri minyak dan gas mengikuti regulasi ini dan menerapkannya sebagai bagian dari bentuk kebijakan dan tanggung jawab korporasi pada lingkungan sekitar, saat ini hampir 95 % pelaku industri minyak dan gas menggunakan dan hanya mengijinkan penggunaan cat anti korosi yang ramah lingkungan di lingkungan operasi mereka. Tujuan dari penulisan tesis ini adalah untuk menyusun model matematis hubungan antara variabel yang mempengaruhi penjualan cat anti korosi yang ramah lingkungan dengan penjualan cat anti korosi yang ramah lingkungan serta mempelajari dan menganalisa kekuatan hubungan serta keeratan hubungan variabel-variabel yang mempengaruhi penjualan cat anti korosi yang ramah lingkungan pada industri minyak dan gas di PT Hempel Indonesia. Data yang digunakan adalah data selama 7 tahun dari 2002 sampai tahun 2007, sedangkan analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Sebagai variabel terikat adalah penjualan (Y) sedangkan sebagai variabel bebas adalah nilai proyek new building X1, maintenance (X2), material komplementer (X3), material subtitusi (X4) dan biaya bahan baku (X5) Hasil analisis menunjukkan perubahan biaya bahan baku dan perubahan material komplementer memiliki pengaruh signifikan terhadap penjualan sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam memperkirakan perubahan terhadap penjualan.

PT. Hempel Indonesia as anti corrosive paint manufacture is now having a very tight competition in the paint market as the consequence of global regulation changing, especially since the regulation concerning VOC has become globally agreement. Paint market response especially in the segment of oil and gas industries is quite responsive, they immediately comply the regulation and apply it as policy and responsibility of corporation to the environment. Presently almost 95% of oil and gas industries have been applying environmental friendly anti corrosive paint only for their operation. The aim of this thesis is to arrange the relationship among the variables in mathematics model, to learn and to analyze the strength and the association of variables which influence the sales of environmental friendly anti corrosive paint in PT. Hempel Indonesia especially for oil and gas industries market. The data is taken from 2002 – 2007 and has been analyzed by multiple regression analysis. Sales is taken as the dependent variable (Y), while the independent variables are new building project (X=), maintenance (X2), complementary materials (X=), substitute materials (X4) and raw materials cost (X=). The results shows that the change of raw materials and complementary materials cost significantly influence the sales of environmental friendly anti corrosive paint; therefore this conclusion is able to apply as guidance in predicting the change of the sales.

Kata Kunci : Analisis regresi,Variabel bebas,Variabel terikat,Cat anti korosi, regression analysis, dependent variable, independent variable, anti corrosive paint


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.