Laporkan Masalah

Aspek hukum penanganan kredit macet di BRI Cabang Klaten kaitannya dengan Undang-undang Perlindungan Konsumen

RITONGA, Patyarini Meiningsih, Prof. Dr. Nindyo Pramono, SH., MS

2008 | Tesis | S2 Magister Hukum

Penelitian mengenai Aspek Hukum Penanganan Kredit Macet Di Bri Cabang Klaten Kaitannya Dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen ini merupakan penelitian hukum normatif. Adapun permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1) Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada BRI Cabang Klaten Jawa Tengah? dan (2) Bagaimanakah penanganan kredit macet yang dilakukan untuk menyelesaikan kredit macet pada BRI Cabang Klaten Jawa Tengah kaitannya dengan Undang-undang perlindungan konsumen? Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari data mengenai faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet dan selanjutnya bertujuan pula untuk menemukan bentuk praktek penyelesaian kredit macet di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk. Kantor Cabang Klaten dikaitkan dengan Undang-undang Perlindungan Konsumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan dengan menggunakan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara. Data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan menggunakan alat berupa studi dokumen. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan hukum normatif. Mengenai laporan hasil penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan: 1. Faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet pada BRI Cabang Klaten Jawa Tengah dari sisi nasabah, antara lain faktor keuangan, faktor manajemen, dan faktor operasional. Dari sisi ekstern, faktor yang menyebabkan terjadinya kredit macet antara lain perubahan kebijaksanaan pemerintah di sektor riil, kenaikan harga faktor-faktor produksi yang tinggi (BBM, angkutan, dan sebagainya), serta perubahan teknologi yang sangat cepat dalam industri yang diterjuni nasabah. Dari sisi bank, kegagalan memenuhi syarat-syarat dalam perjanjian kredit dan kelemahan analisis kredit. Penanganan kredit macet dapat dilakukan dengan penyelesaian secara administrasi dan penyelesaian menurut hukum. 2. Dalam praktek penyelesaian kredit di BRI Cabang Klaten, pihak bank sebagai pelaku usaha telah melakukan prinsip-prinsip yang ada dalam Undang-undang Perlindungan Konsumen yaitu diantaranya mengenai keterbukaan informasi kepada nasabah (pasal 4 huruf c UUPK).

The research on Legal Aspect in Settling of Non Performing Loans at PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk Branch Office of Klaten Relation with The Act of Protection for Consumers is a juridical normative research. It addresses the problems of (1) factor caused bed debt in Bank Rakyat Indonesia Branch Klaten Central Java, (2) whether in the practice of settling of Non Performing Loans in PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Branch Office of Klaten, consumer have got the protection in accordance with Act No. 8 of 1999 about Protection for Consumers. The research aims to obtain data on factor caused bed debt in Bank Rakyat Indonesia Branch Klaten Central Java and analysis form practice in settling of Non Performing Loans in PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero),Tbk. Branch Office of Klaten related to Law of Consumers Protection. It uses primary data from field research through interview guidelines, and secondary data from library research through document study. It applies qualitative method and legal normative approach in data analysis. It discusses the research results in qualitative descriptive reporting. The research results reveal that: 1. Factor caused bed debt in Bank Rakyat Indonesia Branch Klaten Central Java is come from client side, such as finance factor, management factor, and operational factor. From extern side, such as government policy changing in riel sector, increasing of production factor (such as petroleum, transportation, etcetera), and also technology changing in relation with client bussiness. From bank side, factor caused bed debt in Bank Rakyat Indonesia Branch Klaten Central Java is fail on credit prerequirement in credit agreement and the weakness on credit analysis. Law settlement of bed debt in Bank Rakyat Indonesia Branch Klaten Central Java is by using administration settlement and law enforcement. 2. In practice of the solving of credit in BRI Branch of Klaten, bank as perpetrator of effort has done the existing principles in Law of Consumer Protection for example the information transparency to client (article 4 font of c UUPK)

Kata Kunci : Konsumen,Kredit macet, Consumer, Non Performing Loans


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.