Formula dan eskapisme dalam Harry Potter :: kajian sastra formula
ROSYIDI, Mohamad Ikhwan, Prof. Dr. C. Soebakdi Soemanto, S.U
2008 | Tesis | S2 SastraPenelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan daya tarik novel Harry Potter yang diduga mampu menarik minat jutaan pembaca di Indonesia, melalui formulaformula yang ada dalam novel ini. Untuk mengungkapkan daya tarik novel ini, tujuan yang akan dicapai secara khusus adalah mendeskripsikan isu dan masalah dalam novel Harry Potter, mendeskripsikan pola penceritaan dalam novel Harry Potter, mendeskripsikan daya tarik yang terkandung dalam novel Harry Potter ini, yang diduga mampu memikat jutaan pembaca di seluruh dunia, dan mendeskripsikan sistem distribusi novel Harry Potter di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dialektika ketertarikan artistik dan kultural. Hasil analisis yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: (1) fenomena kepopuleran novel Harry Potter sebagai produk budaya populer bukan semata-mata disebabkan komoditas industri, melainkan karena ada nilai-nilai kultural dan fungsional di dalamnya; (2) novel ini didistribusikan untuk kepentingan komunitas tertentu apabila dibandingkan dengan harga jual novel-novel teenlit terjemahan yang hadir di Indonesia; (3) sistem distribusi novel Harry Potter ini melalui penerjemahan ke dalam banyak bahasa dan situs-situs internet yang membahas novel ini; (4) novel Harry Potter ini merupakan novel yang ditujukan untuk pembaca anak. Oleh karena itu, penulis novel ini tidak menggunakan cara pikir orang dewasa dalam membangun karakter atau tokoh anak; (5) daya tarik novel Harry Potter, khususnya di Indonesia, adalah adanya unsur petualangan, spectacle, dan misteri, yang membuat pembaca terus membaca (keep reading) hingga selesai - proses membaca ini merupakan proses melarikan dan melegakan diri. Mengutip Cawelti (1976), aktualisasi proses pembacaan inilah yang peneliti temukan sebagai eskapisme
This research is undergone in order to convey the power of attraction of Harry Potter novel, which is presumed to attract reader’s enthusiasm in Indonesia through the formulas in this novel. To convey the novel interest, the particular goals reached in this research are: to describe issue pr subject matter in Harry Potter novel, to describe the pattern of story-telling in Harry Potter novel, to describe the power of attraction contained in Harry Potter, which is presumed to attract millions of readers in a worldwide, and to describe the system of distribution of Harry Potter in Indonesia. The method used in this research artistic and cultural interest dialectical method. The results of this research are (1) the phenomena of popularity of Harry Potter novel as a product of popular culture is not merely caused by industrial commodity, but since there are cultural and functional values in it; (2) this novel is distributed for particular communities if it is compared to selling price of the translated teen lit existed in Indonesia; (3) the system of distribution of Harry Potter novel is through translation into many other languages and internet websites discussing this novel; (4) Harry Potter is a novel directed to the children reader. Because of that, the author does not use adult’s way of thinking in constructing characters or children characters particularly; (5) the power of attraction of Harry Potter novel, especially in Indonesia, is adventures, spectacles, mystery elements that makes readers keep their readings until its end – the reading process here is a process of escape and relief. Cited from Cawelti (1976), this actualization of the reading process is, I found, the escapism.
Kata Kunci : Daya tarik,Formula,Distribusi,Produk budaya populer,Eskapisme, the power of attraction, formula, distribution, the product of popular culture, and escapism