Analisis psikografi wisatawan dalam keputusan memilih obyek dan daya tarik wisata Gunung Dempo di Kota Pagar Alam
HERMANSYAH, Dr. Janianton Damanik
2008 | Tesis | S2 Magister Kajian PariwisataPenelitian ini adalah jenis penelitian diskriptif tentang keputusan berwisata dari aspek psikografis wisatawan di ODTW Gunung Dempo. Untuk mengetahui faktor-faktor psikografi wisatawan yang berpengaruh terhadap keputusan berwisata diungkap profil wisatawan berdasarkan faktor sosial ekonomi dan demografi, meliputi jenis kelamin, umur, status perkawinan, asal, pendidikan, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan. Pengambilan sampel ditempuh dengan insidental sampling pada bulan Desember 2007 dan Januari 2008. Sedangkan pengumpulan data ditempuh dengan kuesioner, observasi lapangan dan dokumentasi. Sebelum kuesioner disebarkan kepada responden telah diujicoba kepada beberapa responden untuk mengetahui kesulitan dalam menjawab. Setelah data terkumpul kemudian data diolah dengan analisa kuantitaif menggunakan statistik sederhana, distribusi frekuensi dan tabulasi silang. Dari tabulasi silang diketahui faktor-faktor apa yang yang berpengaruh terhadap keputusan berwisata. Hasil yang diperoleh, bahwa keputusan berwisata dipengaruhi oleh motivasi berwisata. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian adalah daya tarik atraksi, tingkat pengeluaran selama berwisata, pencarian pengalaman, aktivitas selama berwisata, alasan berwisata, bentuk perjalanan, lama kunjungan dan moda transportasi yang digunakan. Melihat motivasi berwisata mereka sebagian besar tergolong berkarakter psikosentris sekaligus allosentris atau mid sentris dengan kecenderungan pada psikosentris
This research is categorized into descriptive research on travel-related decision by psychographic aspects of tourists towards tourist objects and attractions in Mount Dempo. To know the psychographic factors of tourists which influence the travel-related decision, profiles of tourists are explored based on socio-economic and demographic factors. Those factors cover gender, age, marital status, origin, education, occupation and income. Sample taking was done by incidental sampling conducted in December 2007 and January 2008. Data collection was conducted by questionnaires, field observations and documentation. Prior to being distributed to respondents, the questionnaires were tried out to measure the difficulty the respondents might face in answering them. The collected data was then analyzed by qualitative analysis using simple statistics, frequency distribution and cross tabulation. The cross tabulation revealed the factors influencing the travel-related decision. The research findings suggest that the travel-related decision is influenced by travel-related motivation. The variables used in this research comprise travel-related aspects such as attraction appeals, amount of expenditures, reasons, forms, length of stay and means of transportation. In term of the travel-related motivation, most tourists are categorized into psychocentrist and allocentrist or mid-centrist tending to psychocentrist.
Kata Kunci : Keputusan berwisata,Psikografi wisatawan,Profil wisatawan,Travel-related decision and psychography