Laporkan Masalah

Hubungan motif wisatawan ziarah dengan karakteristik sosial dan ekonomi pada obyek wisata ziarah Sunan Ampel Surabaya

EKANINGRUM, Yuniawati, Dr. Janianton Damanik

2008 | Tesis | S2 Magister Kajian Pariwisata

Semakin berkembangnya wisata religi berupa kegiatan wisata ziarah dilatarbelakangi motif wisatawan yang berkunjung, karakteristik sosia! dan ekonomi. Wisata Ziarah adalah kunjungan ke obyek wisata tertentu dengan tujuan tertentu pula diantaranya meminta restu dan menambah keimanan. Dalam penelitian ini peneliti mengambil subyek penelitian path obyek wisata ziarah Sunan Ampel Surabaya. Adapun motif wisatawan melakukan wisata ziarah Sunan Ampel Surabaya diukur dan pertama; wisatawan menean pengalaman baru yang menarik dan memiliki nilai tambah.; kedua wisatawan berminat karena menean jawaban doa dan tidak dipengaruhi oleh siapapun dan wisatawan berminat karena ada objek sejarah yang dikunjungi. Indikator karakteristik sosial diketahui dan tingkat status dalam keluarga dan lingkungan pengunjung yaitu usia, jenis kelaniin karakteristik ekonomi diketahui dan jenis wisatawan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan motif wisatawan minat khusus, karaktenistik sosial dan pengunjung obyek wisata ziarah Sunan Ampel Surabaya, karakteristik sosial dan ekonomi pengunjung. Dalam penelitian ini peneliti mengunakan data yang diambil dan metode kuesioner atau metode angket. Penelitian ini juga menggunakan model analisis deskriptif dan Chi-Square. Dan metode penelitian tersebut dapat dilihat hasil penelitian sebagai berikut, pertama; adalah adanya hubungan signifikan antara motif wisatawan minat khusus dengan karakteristik sosial pengunjung berdasarkan status dalam keluarga dengan nilai probabilitas sebesar 0,000, terdapat hubungan signifikan antara motif wisatawan minat khusus dengan karakteristik ekonomi pengunjung hubungan dalam bermasyarakat yaitu tempat tinggal. Indikator demografi dan tingkat pendidikan. Indikator pekerjaan dan besarnya pendapatan pertarna rnengetahui ekonomi wisatawan kedua faktor-faktor obyek wisata ziarah Sunan Ampel Surabaya.

This study is to find out the motivation of worship travelers and the socio• economical characteristics of visitors in the Sunan Ampcl Tourism Destination. Surabaya. Hypotheses of the study are that: (I) There is a significant correlation between the motivation of worship travelers and the social characteristics of the visitors in the Tourism Destination; (2) There is a significant correlation between the motivation of worship travelers and the economic characteristics of those in the Towism Destination. Population in the study is all worship travelers whose religion is Islamic in the Tourism Destination on February 2008. Data collection is conducted by using a survey method, i.e. primary data are collected by using the techniques of questionnaires and interview. Data analysis is conducted by using a dcscripti’Qc analysis and the Chi Square analysis. Result of the study shows that there is a significant correlation between the motivation of worship travelers and the socio-cconomic characteristics of visitors based on the aspects of status in fiìmily, age. occupation, and monthly income.

Kata Kunci : Motif wisatawan,Karakteristik sosial dan ekonomi,Social Economic Characteristic, Motivation of worship traveller


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.