Laporkan Masalah

Jenis kata dan penggunaannya dalam buku teks bahasa Indonesia SD kelas 1 berjudul Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia dan Belajar Bahasa Indonesia

HARDINI, Isriani, Prof. Dr. I Dewa Putu Wijana, S.U., M.A

2008 | Tesis | S2 Linguistik

Penelitian ini bertujuan untuk membahas jenis kata, penggunaan jenis kata, dan penggunaan jenis kata dalam buku teks Bahasa Indonesia SD kelas 1 berjudul Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia dan Belajar Bahasa Indonesia ditinjau dari psikologi anak. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap penyediaan data, tahap analisis, dan tahap penyajian hasil analisis. Pada tahap penyediaan data, data dikumpulkan dengan menggunakan metode studi pustaka dari dua penerbit buku teks Bahasa Indonesia SD kelas 1 yang berjudul Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Grafindo Media Pratama (GMP) dan Belajar Bahasa Indonesia yang terdiri atas dua jilid, yaitu semester 1 dan 2 dari penerbit Sarana Panca Karya Nusa (SPKN). Kurikulum yang digunakan dalam kedua judul buku tersebut berdasarkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar 2006 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.22 Tahun 2006. Selanjutnya, data berupa kata diklasifikasi dalam kartu data berdasarkan teori penggolongan kata menurut Ramlan. Tahap analisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Setelah itu, hasil deskripsi dikaitkan dengan psikologi anak. Tahap penyajian hasil analisis data dengan menyajikan keseluruhan temuan dengan mengelaborasi keseluruhan temuan menggunakan kata-kata biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku teks Bahasa Indonesia SD kelas 1 berjudul Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia dan Belajar Bahasa Indonesia telah digunakan 12 jenis kata menurut Ramlan. Jenis kata yang digunakan dalam buku teks Bahasa Indonesia SD kelas 1 adalah kata nominal berupa kata benda dan kata ganti (kata ganti diri, kata ganti penunjuk, dan kata ganti tempat), kata verbal (kata kerja transitif dan intransitif, kata kerja aktif, kata kerja pasif, serta kata sifat), kata keterangan (yang menyatakan waktu), kata tambah (yang menyatakan ragam, negatif, aspek, keseringan, keinginan, keharusan, kesanggupan, dan tingkat), kata bilangan (yang menyatakan jumlah dan urutan), kata penyukat (untuk menunjuk satuan hewan dan satuan manusia), kata sandang, kata tanya, kata suruh, kata penghubung (setara dan tidak setara), kata depan, dan kata seruan. Penggunaan kata dalam buku teks Bahasa Indonesia SD kelas 1 harus mempertimbangkan psikologi anak. Kata yang dipilih untuk disajikan dalam buku teks Bahasa Indonesia SD kelas 1 merupakan kata yang dekat dengan dunia anak, yaitu kata yang bermakna konkret, tidak sulit diucapkan, dan sering didengar. Selain itu, kata-kata yang digunakan tidak menimbulkan konotasi negatif dan tidak berhubungan dengan tindakan kekerasan.

The purpose of this research is to discuss types of word, the application of types of word, and the application of types of word in Indonesian Language textbook for first grade Elementary School entitled Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia dan Belajar Bahasa Indonesia from the child psychology point of view. The research conducted in 3 stages i.e. collecting data, data analysis, and presenting the result of the research. At first stage, data were collected based on book method from Indonesian Language textbook for first grade Elementary School entitled Terampil dan Cerdas Berbahasa Indonesia, published by Grafindo Media Pratama (GMP) and Belajar Bahasa Indonesia which consist of two volumes, published by Sarana Panca Karya Nusa (SPKN). Curriculum used on these textbooks is based on Standard Competency and Basic Competency 2006 according to Ministry of National Education Rule No. 22 year 2006. After that, data were classified in the card based on Ramlan theory. Descriptive method was used during data analysis stage. After that, the result of the description had been related to child psychology. The result of data analysis is presented all of the finding with normal words. The result of the research shows there are 12 types of word used in Indonesian Language textbook for first grade of Elementary School according to Ramlan. They are nominal word such noun, pronoun (personal pronoun, indication pronoun, and place of pronoun), verbal word (transitive and intransitive verb, passive verb, and adjective), adjunct (explain of time), adverb (explain variety, negative, aspect, frequency, wish, necessity, capability, qualitative), numeral word (explain number and sequence), measure word (animal and human), article, interrogative word, imperative word, conjunction (coordinative and subordinative), preposition, and interjection. The application of types of word in Indonesian Language textbook for first grade Elementary School should consider the child psychology. We have to choose a word that presents the children world which means it has concrete meaning, easy to express, and frequently heard. Other than that, the words used should not have negative connotation and should not relate with violence.

Kata Kunci : buku teks Bahasa Indonesia, jenis kata, penggunaan kata, psikologi anak, Indonesian Language textbook, types of word, the application of types of word, and child psychology


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.