Konsep pendidikan alternatif di sekolah alternatif Qaryah Tayyibah :: Studi kasus tentang sekolah alternatif Qaryah Tayyibah Salatiga, Jawa Tengah
PUTRA, Hendra Lesmana, Drs. Purwanto, M.Phil
2008 | Tesis | S2 SosiologiPendidikan alternatif muncul sebagai kekecewaan masyarakat terhadap sistem pendidikan yang telah mapan, dengan membawa ideologi tertentu yang masyarakat pegang. Permasalahan tingginya biaya pendidikan yang sulit dijangkau oleh masyarakat bawah, permasalahan pendidikan yang membuat siswa tertekan, terbatasnya ekspresi siswa dan pendidikan yang dijalankan dengan ancaman dan hukuman, merupakan bagian dari alasan munculnya pendidikan alternatif yang diharapkan dapat menjadi pilihan bagi masyarakat baik pendidikan alternatif yang diperuntukkan bagi orang kaya maupun pendidikan alternatif yang diperuntukkan bagi kalangan masyarakat bawah. Namun munculnya pendidikan alternatif bukanlah salah satu solusi yang ampuh dalam mengatasi permasalahan pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil objek pada sekolah alternatif Qaryah Tayyibah. Sekolah alternatif Qaryah Tayyibah merupakan salah satu pendidikan alternatif yang muncul dalam menghadirkan pendidikan yang lebih humanis, yang memberikan kebebasan bagi siswanya dalam mengekspresikan bakat dan kemampuannya. Dengan mengangkat sebuah permasalahan, yaitu Bagaimana sekolah alternatif Qaryah Tayyibah merealisasikan konsep pendidikan alternatif? Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, tepatnya dengan menggunakan metode studi kasus. Pengambilan metode ini dilakukan untuk melihat secara lebih mendalam kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh sekolah alternatif Qaryah Tayyibah dan menganalisanya dengan melihat konsep pendidikan alternatif yang dikembangkannya. Dari penelitian lapangan yang dilakukan, bahwa sekolah alternatif Qaryah Tayyibah merupakan salah satu pendidikan alternatif yang pada dasarnya murah, tetapi tidak gratis. Ditengah liberalisasi pendidikan saat ini, tentunya sekolah alternatif Qaryah Tayyibah juga bertahan dengan bantuan dari pihak yang peduli terhadap perjuangan komunitas masyarakat dalam memberikan pendidikan. Dengan ideologi pendidikan liberal yang dibawanya, sekolah alternatif Qaryah Tayyibah mengembangkan konsep pendidikan yang memberikan kebebasan secara penuh kepada siswanya untuk mengekspresikan bakat dan kemampuannya, meskipun terkadang membuat siswanya merasa tidak nyaman. Dalam pelaksanaannya, sekolah alternatif Qaryah Tayyibah pun tidak jauh berbeda dengan sekolah formal pada umumnya.
Alternative education present as a disappointment of society toward education system that already existed, which there is certain ideology in it. Its problem that made pupils were under estimated, limited expression, with punishment and intimidation, are part of stimulus for alternative education, not only for rich people but also for poor people. But, indeed alternative education is not one of powerfully solution to overcome accessing education. One of the alternative schools as object in this research is Qaryah Tayyibah. This is school as a form of alternative education that struggles for presents humanly education that gives freedom for pupils to express their talents. Research question is how alternative school of Qaryah Tayyibah to realization concept of alternative education? This research is using qualitative method, especially case study. This method is used view education activity that had done by alternative school of Qaryah Tayyibah, and analyzing with view education alternative concept. Based on field study, Qaryah Tayyibah is one of the alternative educations that not expensive, but not for free. In this liberal education circumstance, actually Qaryah Tayyibah also maintains by helping from caring people toward struggling of community to offer education. By ideology of liberal education, Qaryah Tayyibah developed education concept that liberate to express pupils talents. Education system is developed by freedom principle, although sometimes that makes pupils felt uncomfortable. And in real, there are not different between Qaryah Tayyibah with formal schools.
Kata Kunci : Pendidikan alternatif,Konsep sekolah alternatif Qaryah Tayyibah, Alternative education, concept of Qaryah Tayyibah