Analisis strategi bisnis Royal Brunei Airlines di Indonesia dalam menghadapi persaingan
PUTRO, Windu Asmoro, Harsono, Dr., M.Sc
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenDengan kondisi Indonesia yang memiliki jumlah penduduk besar dan tersebar dalam beribu pulau, meningkatnya aktivitas perekonomian, meningkatnya keinginan untuk berwisata, dan didukung oleh banyaknya pilihan daerah tujuan wisata, maka telah ikut mempengaruhi meningkatnya permintaan terhadap jasa transportasi udara. Royal Brunei Airlines sebagai maskapai penerbangan komersial berjadwal milik Negara Brunei Darussalam ikut berpartisi pasi untuk memenuhi kebutuhan terhadap jasa transportasi udara untuk route intemasional. Kebijakan open sky policy yang berpotensi masuknya maskapai asing untuk melayani rute domestik, serta munculnya operator baru ikut berpengaruh pada semakin ketatnya persaingan antar maskapai dalam merebut pangsa pasar. Dengan pengklasifikasian jenis segmen pasar yang dimasuki, maka Royal Brunei mampu untuk bersaing secara intemasional dengan maskapai penerbangan asing lain yang beroperasi untuk segmen yang sama di Indonesia. Tidak hanya itu, Royal Brunei juga mampu menjadi single airlines yang terbang dari tiga bandara di lndonesi ke Negara Brunei Darrusalam dengan pangsa pasar 40 % tenaga kerja lndonesia, sedangkan segmen utama secara keseluruhan dari Royal Brunei Airlines adalah : Tenaga Kerja, Jemaah Haji, Jemaah Umrah sebesar 60 %. Dari Analisa bisnis yang dilakukan, maka posisi Royal Brunei Airlines berada pada posisi growth oriented yang mana dengan kondisi ini Royal Brunei akan dapat bersaing dengan baik dalam industri penerbangan regional dan dunia. Dengan berbagai kebijakan strategis dari pihak manajemen setelah masa 20 tahun beroperasi dengan mengandalkan subsidi, pada ahimya Royal Brunei tidak hanya sebatas penerbangan dengan misi diplomtik saja tetapi sudah berorientasi profit. Kata /cunei: Open sky policy, Royal Brunei Airlines, maskapai penerbangan, misi diplomasi, growth oriented,
Indonesia has a total population of large and scattered islands in the offering, the increased economic activity, increased desire to travel, and supported by many local choice destination for tourism, has been involved in influencing the increasing demand for air transportation services. Royal Brunei Airlines as a commercial airline owned by the State of Brunei Darussalam to participate to meet the needs of air transportation services for international route. Open sky policy that has the potential influx of foreign airlines to serve domestic routes, and the emergence of new operators took effect on the increasingly tight competition among airlines in the snatch market share. By segment classified of the market entered, the Royal Brunei able to compete internationally with other foreign airlines that operate to the same segment in Indonesia. Not only that, Royal Brunei is also able to become a single Airlines that fly from three airports in Indonesia to Brunei Darrusalam with 40% market share of Indonesian workers, while the main segment of the overall Royal Brunei Airlines is: Manpower, the Hajj passenger. Analysis of the business done, then the position of Royal Brunei Airlines are in a position where the growth is oriented. By this condition Royal Brunei will be able to compete with the best in the regional aviation industry and the world. With the various strategic policy from the management after the 20 years to operate by relying on subsidies, and finally Royal Brunei is not only a flight with a diplomatic mission but is profit-oriented. Kew Word: Open sky policy, Royal Bronei Airlines, maskapai penerbangan, misi diplomasi, growth oriented,
Kata Kunci : Open sky policy,Royal Brunei Airlines,Maskapai penerbangan,Misi diplomasi,Growth oriented