Laporkan Masalah

Analisa strategi bersaing Hotel Graha Santika Semarang dalam menghadapi persaingan global

CAHYADI, R. Rudi Indra, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Bisnis perhotelan sangat erat kaitannya dengan dunia pariwisata, Semarang merupakan salah satu daerah tujuan wisata dan pusat bisnis yang memiliki tempat wisata yang menarik disamping adat istiadat dan kebudayaan yang memiliki daya tarik wisatawan baik manca Negara maupun nusantara selain itu juga para businessman yang mengembangkan usahanya di daerah Jawa Tengah. Kondisi ini sangat menguntungkan bagi bisnis perhotelan dan hai ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah akomodasi perhotelan di Semarang terutama pada hotel non bintang. Namun stabilitas perekonomian dan politik serta keamanan nasional yang memburuk beberapa tahun terakhir ini membuat dunia pariwisata nasional ikut memburuk, hal ini tentu saja berdampak pada bisnis perhotelan khususnya di Semarang. Pada penelitian ini penulis mengambil Hotel Graha Santika sebagai obyek penelitian, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan ekstemal dan internal perusahaan terhadap strategi yang diterapkan, dan mengevaluasi efektivitas dari strategi perusahaan dalam menghadapi perubahan kondisi lingkungan ekstemal. Sebagai alat analisis penulis menggunakan five threes model dari Porter untuk menganalisis lingkungan persaingan, kemudian juga melakukan analisis lingkungan makro seperti lingkungan ekonomi, politik, social budaya dan teknologi informasi. Kemudian untuk menganalisis posisi perusahaan penulis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang dimiliki oleh pemsahaan. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa lingkungan ekonomi dan politik dalam negeri yang memburuk akhir-akhir ini sangat berpengaruh terhadap bisnis perhotelan nasional yang diakibatkan dengan merosotnya Jumlah kunjungan wisatawan asing. Sedangkan hasil dari analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan yang dimiliki Hotel Graha santika sangat besar dibandingkan dengan kelemahannya, sementara Hotel Graha Santika memiliki peluang yang cukup besar dibandingkan dengan ancaman yang dihadapi. Strategi tikus yang diterapkan oleh Hotel Graha Santika pada saat ini dirasa sudah cukup tepat sebab fokus pada konsumen lokal pada kondisi ekstemal seperti yang dihadapi sekarang ini sangat efektif. Kata Kunci: Strategi Bersaing, Hotel Graha Santika Semarang, Industri Perhotelan

Hotel business has close relationship with tourism world. Semarang is on of tourist destination and business center that has many enchanting tourist resorts, beside that a lot of businessman spread their business in Central Java. This tact gives many benefits tor hotel business. It is proved by increasing number of accommodation or room especially in non-star hotels. Unfortunately, the economic and politic stability, and national security has been worse in recent years have also made the tourism world getting worse. Of course, this bad condition has an impact towards hotel business particularly in Semarang. In this research, the researcher takes Graha Santika Hotel Semarang as the research object. The rese^ch aims to find the influence of external and internal environment towards the applied strategy and to evaluate the effectivity of the company strategy in facing the change of external environment condition. For the analysis tool, the researcher uses Porter's Five Forces Model to analysis like : economics, politics, socio-cultural, and information technology environment, fhen, to analyze the company's position, the researcher applies SWOT analysis to find the company's strength, weakness, threat and opportunity. From the research, it can be concluded that the worse economic and domestic political environment recently has a big impact towards national hotel business. The major impact is the decreasing of foreign tourists vish number. From the analysis of SWOT, it show that Graha Santika Hotel's strength is bigger than its weakness. Graha Santika Hotel has also bigger opportunity comparing with its threat. Focus strategy that has been applied by the Graha Santika Hotel is a good dicision because focusing on local markets in this external condition as explained above is working effectively. Key words : Competitive Strategic, Graha Santika Hotel Semarang, Hotels Industry.

Kata Kunci : Strategi bersaing,Hotel Graha Santika Semarang,Industri perhotelan

  1. S2-FEB-2008-R__Rudi_Indra_Cahyadi-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2008-R__Rudi_Indra_Cahyadi-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2008-R__Rudi_Indra_Cahyadi-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2008-R__Rudi_Indra_Cahyadi-Title.pdf