Pengaruh recreational shopper identity pada shopping enjoyment yang dimoderasi oleh gender
EKOWATI, Titin, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc
2008 | Tesis | S2 ManajemenRecreational shopper identity (RSI) merupakan salah satu topik yang menarik untuk diteliti dalam bidang perilaku konsumen. Recreational shopper juga menjadi penting untuk dipelajari, karena kelompok pembelanja yang termasuk dalam recreational shopper mempunyai arti penting bagi retailer saat ini. Semakin tinggi tingkat RSI yang melekat dalam diri seorang konsumen, maka konsumen akan cenderung menikmati aktivitas berbelanja. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh recreational shopper identity pada shopping enjoyment. Kemudian penelitian ini juga dilakukan untuk menguji efek moderasi dari gender terhadap pengaruh recreational shopper identity pada shopping enjoyment. Responden dalam penelitian ini adalah pelajar dan mahasiswa di Jogjakarta. Pengambilan sampel dilakukan melalui kriteria purposive sampling. Jumlah responden yang dapat digunakan sebagai sampel adalah sebanyak 233 responden dari 300 kuesioner yang disebarkan. Untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas data maka dilakukan test validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan chow test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga hipotesis yang menunjukkan hasil signifikan dari lima hipotesis yang diuji dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa recreational shopper identity berupa compulsive buying, leisure dimension, dan mall activities mempunyai pengaruh positif pada shopping enjoyment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materialism tidak berpengaruh secara positif pada shopping enjoyment. Berdasarkan analisis secara terpisah untuk setiap dimensi yaitu materialism, compulsive buying, leisure, dan mall activities sebagai variabel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk dimensi materialism, leisure, dan mall activities, gender memoderasi pengaruh masing-masing variabel pada shopping enjoyment. Sedangkan untuk dimensi compulsive buying, gender tidak memoderasi pengaruh variabel ini pada shopping enjoyment
Recreational shopper identity (RSI) is an interest topic to explore in consumer behavior. Recreational shopper so to be important to study, because the group of shopper that include in recreational shopper have an important meaning for retailer now. The higher of degree of recreational shopper identity that embeded on consumer, so they will be enjoy to the shopping activity. The main purpose of this study is to exemine the efect of recreational shopper identity on shopping enjoyment. So this study is to exemine the moderating impact of gender, on recreational shopper identity and shopping enjoyment. The respondents in this study are student of senior high school and universirty in Jogjakarta. Sampling technique used is pusposive sampling. From 300 questioners that distributed, there are only 233 respondents which can be used as sample. Validity and reliability were conducted in order to figure out the validity rate and data reliability. The data were analyzed by using multiple regression analysis and chow test. The result show, from five hypotheses that were exemined, three hypotheses showed positive results. The results show that recreational shopper identity, especially compulsive buying, leisure, and mall activities have positive impact on shopping enjoyment. The result showed that materialism have no positive impact on shopping enjoyment. Based on analyzing for each dimension such materialism, compulsive buying, leisure and mall activities as a variable, the result show that for materialism, leisure and mall activities dimensions, gender have moderating impact on each variables and shopping enjoyment. Than compulsive buying dimension, gender have no moderating impact on this variable and shopping enjoyment.
Kata Kunci : Recreational shopper identity,Enjoyment,Materialism,Compulsive buying,Leisure dimension,Mall Activities,Gender