cara mengakomodasi beragam gaya belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika :: Studi kasus pada gaya belajar divergen, akomodatif, konvergen, dan asimilatif
FRENGKY, Supra Wimbarta, M.Sc., Ph.d
2008 | Tesis | S2 PsikologiPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara mengakomodasi beragam gaya belajar siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan strategi pendekatan studi kasus tipe eksplorasi (exploratory case study). Data-data diperoleh melalui wawancara semistruktur kepada 6 siswa dari sekolah dasar negeri, 5 siswa dari sekolah dasar swasta, 7 orang tua siswa, 1 orang kepala sekolah dan 2 orang guru matematika serta 1 orang guru matematika yang merangkap kepala sekolah, selain itu data juga diperoleh melalui observasi langsung, dokumentasi foto, dan hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat 6 faktor yang mempengaruhi strategi orang tua dalam mengakomodasi gaya belajar siswa pada pembelajaran matematika yaitu pengalaman orang tua waktu kecil, waktu luang bersama anak, profesi, kemapanan, jumlah anggota keluarga inti, dan pengetahuan atau wawasan mengenai pendidikan anak. Selanjutnya keenam faktor ini membentuk 5 cara yang digunakan orang tua untuk mengakomodasi gaya belajar anak pada pembelajaran matematika, yaitu menggunakan pendekatan konvensional, mengundang guru les, memberi reward, memberi kebebasan dan tanggung jawab serta mengenalkan dengan pekerjaan orang tua. Di lain pihak cara guru mengakomodasi beragam gaya belajar siswa pada pembelajaran matematika dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu pemahaman mengenai keunikan matematika, pemahaman mengenai perbedaan siswa, dan paradigma pendidikan. Ketiga faktor ini membentuk 6 cara yang digunakan guru untuk mengakomodasi gaya belajar siswa pada pembelajaran matematika, yaitu menciptakan kelas yang menyenangkan, terbuka untuk bertanya, menggunakan beragam metode untuk mengajar, mengoptimalkan media belajar, memberikan pendampingan yang efektif, dan berorientasi pada proses belajar
This study aims at exploring how to accommodate elementary student’s learning styles in mathematics learning. Qualitative method with exploratory case study is used. Datas are obtained by semi-structure interview to 6 students from public elementary school, 5 students from private school, 7 parents, 1 handmaster, 2 mathematics teachers and 1 handmaster who is also a mathematics teacher, the other datas are also obtained by direct observations, photo documentations, and the student’s reports. The result shows that there are 6 factors that influence parent’s ways to accommodate children’s learning style in mathematics learning, they are parent’s experience in childhood, free time for the child, parent’s job, social economic status, number of family member, and knowledge about child education. This factors build parent’s ways to accommodate children’s learning style in mathematics learning, they are by using conventional approaches, inviting tutor, providing rewards, giving freedom and resposibilities, and introducing parent’s business. Meanwhile the teachers’ ways to accommodate students’ learning styles in mathematics learning are influenced by 3 factors, they are recognizing a mathematics as an unique subject, knowing about the uniqueness of students, and having educational paradigm. The ways to do so are by building a nice class, becoming open to new questions, using many teaching methods, optimalizing learning media, giving an effective coach, and orientating in learning procces.
Kata Kunci : cara mengakomodasi,gaya belajar,pembelajaran matematika,metode kuantitatif,The ways to accommodate learning style, mathematics learning, Qualitative Method, Case study