Laporkan Masalah

Analisis strategi marger dan akuisisi yang dilakukan Schlumberger melalui pendekatan value-based management

NAFILI, Faisal, Wakhid Slamet Ciptono, Drs., MBA., MPM

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Merger dan akuisisi adalah salah satu cara dalam mengimplementasikan strategi dalam tingkat korporasi. Merger dan akuisisi dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing dengan tujuan akhirnya adalah peningkatan nilai perusahaan dan kesejahteraan bagi pemegang saham (shareholders) sebesarbesarnya. Untuk menilai keberhasilan strategi merger dan akusisi yang dilakukan oleh perusahaan diperlukan suatu alat analisis yang dapat menggambarkan tercapainya tujuan dari strategi ini. Value-Based Management (VBM) adalah salah satu pendekatan manajerial yang dapat digunakan untuk menganalisis strategi perusahaan karena memiliki tujuan yang sama yaitu orientasi pada peningkatan nilai perusahaan dan memaksimalkan kesejahteraan bagi pemegang saham. Framework VBM dimulai dari perencanaan strategi, mengarahkan aktivitas perusahaan dengan sumber daya dan kemampuan yang dimilikinya, analisis rasio keuangan dan prospek bisnis serta intensitas persaingan, proyeksi laporan keuangan yang berkaitan dengan penciptaan nilai, pengukuran kinerja dan nilai perusahaan, kompensasi manajemen, dan peninjauan strategi serta perbaikan (improvement). Analisis strategi merger dan akuisisi pada salah satu perusahaan dalam industri jasa perminyakan dan gas (oil field sevices and gas) telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan penilaian atas keberhasilan strategi merger dan akuisisi yang berfokus pada related business yang dilakukan Schlumberger melalui pendekatan VBM. Pengamatan dilakukan dengan melakukan identifikasi prospek masa depan dan intensitas persaingan dalam industri, mengukur perubahan kinerja perusahaan sebelum dan sesudah strategi diimplementasikan melalui analisis rasio keuangan, return to shareholder dan economic value added (EVA), membandingkan kinerja perusahaan dengan kompetitor dan rata-rata industri, serta menghitung nilai perusahaan melalui analisis EVA dan market value added (MVA). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya kecenderungan peningkatan kinerja berdasarkan rasio keuangan terutama pada rasio profitabilitas, solvabilitas dan aktivitas, peningkatan nilai EVA perusahaan, dan nilai MVA yang positif setelah diterapkannya strategi ini. Keberhasilan strategi juga ditunjukkan dengan prediksi nilai perusahaan yang semakin meningkat dan tumbuh di tengah kecenderungan meningkatnya intensitas persaingan dan ancaman prospek industri di masa mendatang. Dengan demikian perusahaan berhasil meningkatkan nilai perusahaan dan memaksimalkan kesejahteraan bagi pemegang saham melalui implementasi strategi merger dan akuisisi yang berfokus pada related business.

Merger and acquisition are one of the technique to implement a strategy in a corporate level. A firm executes merger and acquisition as a strategy in order to achieve a competitive advantage. The final goal of this strategy are to increase company value and to maximize shareholders wealth. The successful of the merger and acquisition should be measured with a tools analysis that can figure out the final goal of this strategy. It is a Value-Based Management (VBM), one of the managerial approach which has same target as merger and acquisition in obtaining increment of company value and maximizing shareholders wealth. The VBM’s framework starts to plan the strategy, to utilize resources and capabilities in company’s activities, to analyze historical financial ratio and business economics and position of firm’s future in its industry, to make projection of financial statement, to measure performance and company’s value, to link with compensation management, and to review and to improve strategy. An analysis has been done to measure the successful of merger and acquisition at one of the company in oil and gas field services. This research aim is to asses a successful of merger and acquisition strategy in Schlumberger which is focused in related business by VBM approach. The research was done to identify the industry future prospect and competitiveness intensity, to measure company performance before and after the strategy was implemented by financial ratios, return to shareholders (RTS) and economic value added (EVA), to benchmark the company performance with its competitors and industry, and to measure company’s value by EVA and market value added (MVA). The result of this research are the company’s performance has improved based on an increment of its financial ratios i.e.: profitability, solvability, and activity, an increment of firm’s EVA, and a positive MVA. The successful of this strategy was proven as well with the prediction of increment and growth of firm’s value as the trend of higher competitiveness intensity and threat in its industry. As a conclusion, the company has accomplished its strategy goal in order to increase firm’s value and to maximize shareholders wealth by focusing in related business merger and acquisition.

Kata Kunci : Marger,Akuisisi,Value,Based managenent(VBM),EVA,MVA,Acquisition

  1. S2-FEB-2008-Faisal_Nafili-Abstract.pdf  
  2. S2-FEB-2008-Faisal_Nafili-Bibliography.pdf  
  3. S2-FEB-2008-Faisal_Nafili-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-FEB-2008-Faisal_Nafili-Title.pdf