Laporkan Masalah

Penerapan total quality management (TQM) dalam pengelolaan lembaga fakultas teknik Universitas Negeri Gorontalo

MOZIN, Sri Yulianty, Dr. Samodra Wibawa, M.Sc

2008 | Tesis | S2 Administrasi Negara

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ”Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam Pengelolaan Lembaga Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Dalam pelaksanaannya penelitian ini menggunakan cara penelitian survei yang menggunakan kuesioner atau daftar pertanyaan yang ditujukan kepada responden. Untuk lebih memperdalam penelitian, dilakukan observasi dan wawancara tentang aspek penelitian. Sumber data atau populasi dalam penelitian ini adalah dosen tetap pegawai negeri sipil di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo Tahun Akademik 2006/2007. Sampelnya adalah dosen yang berkualifikasi S1 dan S2. Sumber data lain dalam penelitian ini adalah Dekan Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo, mahasiswa berjumlah 135 orang dimana ratio dosen responden dan mahasiswa adalah 1 : 3, dan seluruh staf administrasi berjumlah 10 orang. Analisis data dalam penelitian ini berlangsung dalam dua tahap yaitu: 1) analisis sebelum di lapangan terhadap data hasil studi pendahuluan; dan 2) analisis pada saat pengumpulan data dan setelah selesai pengumpulan data. Langkah-langkah analisis dalam penelitian ini adalah: 1) reduksi data yaitu merangkum data; 2) data display (penyajian data) dalam bentuk tabel dan gambar; 3) verivikasi yaitu penarikan kesimpulan. Data yang akan dianalisis secara deskriptif dalam penelitian ini yaitu: 1) frekuensi tanggapan responden tentang aspek penelitian; 2) hasil pengamatan; 3) substansi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip kepuasan pelanggan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori cukup baik. Penerapan prinsip respek terhadap setiap orang di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori baik. Penerapan prinsip manajemen berdasarkan fakta di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori kurang baik. Penerapan prinsip perbaikan berkesinambungan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo berada pada kategori baik. Kualitas dosen di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo sudah baik. Penerapan prinsip-prinsip TQM berperan terhadap peningkatan kualitas dosen di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Dalam hal ini penerapan prinsipprinsip TQM memberikan harapan untuk meningkatkan kualitas dosen di Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo dengan baik.

This research goal was to understand ”The Application of Total Quality Management (TQM) In Institutional Management In The Faculty of Engineering, State University of Gorontalo”. This research used descriptive method. The performance of research used survey study applying questionnaires to respondents. In-dept research used observation and interview on research aspects. Sources of data or population, in this research, were full-time lecturers, the civil servants of the Engineering Faculty, State University of Gorontalo, Academic Year of 2006-2007. The samples were S1 and S2-qualified lectures. Other data sources, in this research, were the dean of Engineering Faculty, State University of Gorontalo, 135 students with 1:3 ratio of lectures/students, and 10 administrative staffs. Data, in this research, were analyzed in two phases: (1) analysis before existing in field for data of previous study result; and (2) analysis on and after data were collected. Analysis steps, in this research were: (1) reduction of data, to summarize data; (2) data display (presentation of data) in tables and figures; (3) verification, to make conclusion. Data, which would be analyzed descriptively in this research; were: (1) frequency of respondents’ response to the research aspects; (2) result of observation; (3) substance of interview. The result of research indicated that application of customer satisfaction principles in the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo, was categorized to be sufficiently good. The application of respect principles to everyone in the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo, was good enough. The application of continuous improvement priciples in the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo, has been good. Quality of lecturers in the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo, has been good. The application of TQM principles played a role in increasing the quality of lecturers in the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo. In this case, the lecturers of the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo, gave expectation to increase quality of lecturers well in the Faculty of Engineering, State University of Gorontalo.

Kata Kunci : Total quality management (TQM),Kualitas dosen, Total Quality Management (TQM) and quality of lecturers


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.