Perlindungan terhadap konsumen akibat mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan kaleng di pasaran yang tidak mencantumkan masa kadaluarsa dan kadaluwarsanya berakhir
DARMAWAN, Prof. Dr. Nindyo Pramono, S.H., M.S
2008 | Tesis | S2 Magister HukumPenelitian tentang Perlindungan Terhadap Konsumen Akibat Mengkonsumsi Makanan Dan Minuman Kemasan Kaleng Di Pasaran Yang Tidak Mencantumkan Masa Kadaluarsa dan Kadaluarsanya Berakhir merupakan penelitian yuridis normatif. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen yang mengalami kerugian akibat mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan kaleng di Pasuruan. Mengetahui upaya-upaya yang ditempuh oleh konsumen yang mengalami kerugian akibat mengkonsumsi makanan dan mimunan kemasan kaleng di Pasuruan. Data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan didukung data primer dari lapangan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perlindungan hukum terhadap konsumen yang menderita kerugian akibat mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan kaleng di Pasuruan masih belum maksimal. Upaya yang dilakukan oleh konsumen yang menderita kerugian akibat mengkonsumsi makanan dan minuman kemasan kaleng di Pasuruan dapat berupa melepaskan hak/tidak menggugat kepada penjual maupun produsen, menuntut secara langsung kepada penjual, melaporkan kepada Balai POM atau Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur serta mengajukan pengaduan ke YLKI Perwakilan Jawa Timur. Upaya hukum melalui pengadilan belum pernah dilakukan.
A research on The Protection for Consumers Who Experience Loss Due To Consuming Can-Wrapped Foods and Drinks at Market that not Mentioning about Period of expired is a normative juridical research. The objectives of this research are to know the performance of law protection on the consumers who experience loss due to consuming can-wrapped foods and drinks in Pasuruan and to know the efforts done by the consumers who experience loss due to consuming can-wrapped foods and drinks in Pasuruan. The secondary data gotten from the library research are supported by the primary data from the field, then they are analyzed qualitatively. The results of the research show that the law protection on the customers who experience loss due to consuming can-wrapped foods and drinks in Pasuruan has not been maximum. The efforts done by the customers who experience loss due to consuming can-wrapped foods and drinks in Pasuruan can be in the form of releasing the right/not claiming to both the sellers and producers, claiming to the sellers directly, reporting to Balai POM or Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur and proposing a complain to YLKI Perwakilan Jawa Timur. The law effort through the court has not been done.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Kerugian, Makanan dan minuman, Consumer Protection, Loss, Foods and Drinks