Tanggung jawab PT. Pos Indonesia (Persero) sebagai penanggung jawab terhadap keterlambatan, kerusakan dan kehilangan pengiriman paket pos kilat khusus
USMAN, Latif, Prof. Dr. Nindyo Pramono, S.H., M.S
2008 | Tesis | S2 Magister HukumPenelitian tentang Tanggung Jawab PT. Pos Indonesia (Persero) Sebagai Penanggung Terhadap Keterlambatan, Kerusakan Dan Kehilangan Pengiriman Paket Pos Kilat Khusus merupakan penelitian yuridis normatif. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab masing-masing pihak dalam pelaksanaan APPKH. Mengetahui hal-hal yang menjadi hambatan dalam pelaksanaan ganti rugi pada pihak tertanggung yang mengalami risiko kerugian dan mengetahui pelaksanaan klaim yang diajukan oleh PT. Posindo pada PT. Abu. Data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan didukung data primer dari lapangan selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh melalui penelitian lapangan dengan menggunakan alat pengumpul data berupa pedoman wawancara. Data sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan menggunakan alat berupa studi dokumen. Data yang diperoleh dari penelitian dianalisa secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan hukum normatif. Mengenai laporan hasil penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Posindo mempunyai kepentingan atas barang-barang yang dikirimkan tersebut supaya selamat dan kepentingan ini dapat dipertanggungkan. Tanggung jawab pokok penanggung dalam pelaksanaan APPKH adalah memberikan ganti rugi kepada tertanggung terhadap kerugian, kerusakan barang-barang, baik kerugian sebagian maupun kerugian seluruhnya. Dalam pelaksanaan APPKH tersebut sering dijumpai berbagai masalah yang menghambat pelaksanaan asuransi. Adapun hambatan-hambatan yang dijumpai adalah mekanisme pengajuan klaim yang memakan waktu lama, ketidaktelitian tertanggung dalam memeriksa paket yang hendak dikirimkan, perbedaan kebijakan dalam penentuan limit pembayaran klaim asuransi, dan berkas pengajuan klaim yang tidak lengkap.
The research on The Responsibility of PT. Indonesia Post ( Persero) as Guarantor Toward Delay, Damage And Lose The Package Post Delivery Express Delivery is a juridical normative research. The research aims to find out implementation responsibility of each party in execution APPKH. Find out things becoming resistance in compensatory execution on the part of natural the insured of loss risk and know the claim execution raised by PT. Posindo to PT. Abu. The secondary data obtained from bibliography study supported by primary data from field was then analyzed qualitatively. It uses primary data from field research through interview guideline, and secondary data from library research through document study. It applies qualitative method and legal normative approach in data analysis. It discusses the research results in qualitative descriptive reporting The research results reveal that PT. Posindo have the importance for goods delivered so that safe and this importance can be underwritten. Fundamental responsibility of underwriter in implementation APPKH is give the indemnation to the insured to loss, goods damage, good of loss of some of and also loss entirely. In the implementation APPKH is often met by various problem pursuing insurance implementation. As for resistance met by is mechanism of claim proffering eating old time, notcarefulness of the insured in checking packet which will be delivered, policy difference in determination of limit payment claim the insurance, and bundle the incomplete claim proffering.
Kata Kunci : Asuransi keterlambatan,Kerusakan dan kehilangan, Insurance, Delay, Damage and Lose