Segmentasi pasar properti Perumahan Casa Grande Yogyakarta
KOSALAWATI, Aulia Damastri, Dr. Akhmad Makhfatih, M.A
2008 | Tesis | S2 Magister Ekonomika PembangunanTindakan renovasi rumah yang dilakukan oleh sebagian konsumen di perumahan Casa Grande Yogyakarta menunjukkan ketidakpuasan konsumen akan rumah yang telah dipilih dan dibelinya. Ketidakpuasan konsumen dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang terkait dengan kondisi fisik rumah dan fasilitas yang terdapat dalam rumah dan lingkungannya, ataupun yang terkait dengan kondisi demografi dan psikografi konsumen pada saat memutuskan membeli rumah. Heterogenitas konsumen yang majemuk dengan segala hal yang terkandung di dalamnya mempunyai berbagai kecenderungan yang berbeda akan rumah yang diinginkan dan dibutuhkan. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk menentukan segmen konsumen perumahan Casa Grande dengan mempertimbangkan pengaruh keberadaan segmen konsumen (yang terdiri dari variabel usia, jumlah keluarga, penghasilan, harga rumah, luas bangunan, faktor keluarga, pendidikan anak, pergaulan sosial, akses ke tempat hiburan, dan status sosial) terhadap permintaan atribut fisik rumah, dan pengaruh faktor atribut fisik rumah (yang terdiri dari variabel harga rumah, luas bangunan, dan permintaan atribut fisik rumah berupa kamar, garasi/carport, keamanan, fasilitas umum) terhadap tingkat kepuasan konsumen atas rumah yang dibeli di perumahan Casa Grande. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari kuesioner yang diberikan kepada konsumen yang telah membeli dan menghuni rumah di perumahan Casa Grande. Untuk menentukan pengaruh keberadaan segmen konsumen terhadap permintaan atribut fisik rumah dan pengaruh faktor atribut fisik rumah terhadap tingkat kepuasan konsumen digunakan analisis model logit. Berdasarkan hasil analisis logit untuk menentukan pengaruh keberadaan segmen konsumen terhadap permintaan atribut fisik rumah dapat disimpulkan bahwa secara individu variabel faktor keluarga, pendidikan anak, dan status sosial berpengaruh secara positif terhadap permintaan atribut fisik rumah di perumahan Casa Grande. Secara bersama-sama seluruh variabel keberadaan segmen konsumen kurang berpengaruh terhadap permintaan atribut fisik rumah di perumahan Casa Grande. Berdasarkan hasil analisis logit untuk menentukan pengaruh faktor atribut fisik rumah terhadap tingkat kepuasan konsumen dapat disimpulkan bahwa secara individu variabel luas bangunan dan permintaan atribut fisik rumah berpengaruh secara positif terhadap tingkat kepuasan konsumen. Secara bersama-sama seluruh variabel faktor-faktor atribut fisik rumah berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen di perumahan Casa Grande.
House renovation action which conducted by some consumer at Casa Grande residence of Yogyakarta is show consumer dissatisfaction toward his chosen and purchased house. Consumer dissatisfaction can be caused by related factors with house physical condition, and facility in the house and in the neighborhood, or which concerned with consumer demography and psychograph condition when deciding purchased the house. The complex consumer heterogeneity with all thing in it many having different preferences toward the wanted and needed house. Therefore, this research was conducted to determine Casa Grade residence of Yogyakarta’s consumer segment, by considering consumer segment effect (that are : age, family number, earning, house price, building capacious, family factor, children education, social intercourse, access to entertainment area, and social status variables) toward physical attribute demand, and house physical attribute factor (that are : house price, building capacious, and house physical attribute demand such as room, carport/garage, security, and public facility variables) toward consumer satisfaction level concerning purchased house at Casa Grande residence. The used data in this research is primary data which collected from questionnaire submitted to purchaser and inhabitant buyer at Casa Grande residence. To determine consumer segment presence effect toward house physical attribute demand and house physical attribute factor toward consumer satisfaction level, the logit model analysis is used. Based on the result of logit analysis to determine the influence consumer segment existence toward house physical attribute demand, its can be concluded that individually family factors, children education, and social status variables are positively and significant affected toward house physical attribute demand at Casa Grande residence. Jointly, all of consumer segment existence variables is unaffected toward house physical attribute demand at Casa Grande residence. Based on the logit analysis result, to determine the influence of house physical attribute factors toward consumer satisfaction, its can be concluded that individually building capacious, and house physical attribute demand positively and significant affected consumer satisfaction level. Jointly, all of house physical attribute variables is affected consumer satisfaction level at Casa Grande residence.
Kata Kunci : Perumahan,Renovasi rumah