Laporkan Masalah

Strategi bersaing produksi deterjen pada segmen pasar laundry :: Study kasus Anugrah Dwi Tunggal Persada

NURYADI, Syafaat, Fahmi Radhi, Dr., MBA

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang diterapkan Anugrah DwiTunggal Persada untuk bersaing pada segmen pasar laundry, menganalisis kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman, serta menganalisis faktor kunci sukses perusahaan. Data-data yang digunakan sebagai basis dalam analisis yaitu data primer yang merupakan hasil interview dengan manajemen Anugrah DwiTunggal Persada dan beberapa pengusaha laundry di wilayah Jabotabek, serta data sekunder yang diperoleh dari majalah, surat kabar, website, dan sumber lainnya. Alat analisis yang digunakan antara lain balanced scorecard untuk mengevaluasi strategi, matrik SWOT untuk menentukan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman, serta analisis struktur industri melalui pendekatan konsep pengaruh lima kekuatan utama dalam suatu industri dari Michael Porter digunakan untuk menentukan faktor kunci sukses. Dari hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa strategi generik yang dijalankan perusahaan yaitu fokus pada biaya rendah sebaiknya dipertahankan karena masih relevan dengan sasaran strategis yang ditetapkan pada perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Peta kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman menetapkan perusahaan berada pada kuadran I yang mendukung strategi pertumbuhan yang agresif. Faktor kunci sukses perusahaan terletak pada pendekatan langsung ke konsumen, penentuan fitur produk, jaminan kualitas produk, serta menjaga kerjasama dengan pemasok bahan baku.

This thesis is written to evaluate the competitive strategy of Anugrah DwiTunggal Persada in laundry industry, analyze the strength, weakness, opportunity and threats, and also analyze the key success factor. Analyzing process is based on primary data which resulted by interviewing Anugrah DwiTunggal Persada’s management and owner of laundries in Jabotabek area, also based on secondary data from magazines, newspapers, website and other sources. Method of analysis are balanced scorecard for evaluating strategy, SWOT matrix, and five forces from Michael Porter for selecting the key success factor. Based on research analysis, focus on lower cost is the best generic strategy for the company supported by financial perspective, customer perspective, internal business process perspective, and also learning and growth perspective. Position of SWOT analysis is in the first kuadran which means supporting the aggresive of growth strategy. Key success factor consist of focus on consumer, product feature selection, warranty of product quality, and cooperate with raw material suppliers.

Kata Kunci : Strategi bersaing,Balanced scorecard,Analisis swot,Faktor kunci sukses, competitive strategy, balanced scorecard, SWOT analysis, key success factor, laundry market


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.