Analysis strategi PT Ericsson Indonesia dalam menghadapi pertumbuhan bisnis selular
MASRIL, Ronat, Eko Budiwiyono, Drs., MBA
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenSektor telekomunikasi adalah Industri yang paling berkembang pada saat ini di Indonesia, Ericsson Indonesia sebagai salah satu vendor telah menjadi mitra bagi pelanggan di Indonesia seperti PT. Telkomsel, PT. Indosat, PT. Telkom maupun PT. Excelcomindo dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi di tanah air. Namun masuknya pesaing dari China seperti Huawei merupakan tantangan bagi Ericsson untuk melakukan inovasi strategi agar tetap menjadi pemimpin implementasi technology dalam membangun infrastruktur telekomunikasi sekaligus pengembangan teknologinya. Dalam thesis ini, penulis mencoba menganalisis faktor-faktor eksternal apa saja yang mempengaruhi keputusan strategi penerapan core technology telecommunication Ericsson di Indonesia serta analysis five force dan SWOT. Dari analisis tersebut diketahui bahwa intensitas persaingan antar kompetitor dalam industri vendor telekomunikasi ini tergolong tinggi. Untuk ancaman pendatang baru tergolong rendah karena dibutuhkan modal yang sangat besar untuk masuk kedalam industri ini. Ancaman produk pengganti juga rendah karena core technologi dalam berkomunikasi sampai saat ini masih menggunakan produk-produk dari GSM, WCDMA maupun fixed line. Namun kekuatan tawar menawar pembeli patut menjadi perhatian PT. Ericsson Indonesia karena harga yang murah bisa membuat operator pindah ke vendor lain mengingat beberapa perangkat umur fungsionalnya sangat singkat sekali. Kekuatan tawar menawar pemasok juga harus menjadi fokus kedepan karena jumlahnya saat ini belum banyak dari sisi tenaga subkontraktor layanan dan mereka akan diperebutkan oleh banyak vendor untuk menjadi mitra. Namun yang lebih penting adalah kekuatan Huawei sebagai pendatang baru yang akan menjadi ancaman bagi Ericsson dimasa depan. Untuk itu, diperlukan formulasi strategi yang tepat untuk menghadapi pesaing sekaligus memenangkan persaingan antar vendor telekomunikasi dimasa yang akan datang.
Telecommunication is the fastest developing sector in Indonesia nowadays, and Ericsson is one of vendors which made business relationship with Indonesian cellular operators, such as: PT. Telkomsel, PT. Telkom, PT. Indosat, and PT. Excelcomindo, by building and developing national communication infrastructure. However, with new competitor from China, such as Huawei, challenge Ericsson to create new innovations in its strategy, so it can keep its position as technology leader in developing cellular infrastructures and also in technology development itself. In this thesis, author will manage to analyze external factors that may affect in making decisions to implement Ericsson telecommunication core technology in Indonesia, and will use five factor analysis and SWOT. Derived from the analysis, the tough competition between cellular vendors can be recognized. New competitors gave an insignificant threat because huge capital needed to play in this industry to be recognized. Substitute technologies not also a great threat, because core technology used in communication nowadays are the products from GSM, WCDMA, and fixed line. However, customer bargaining power shall be Ericsson’s consideration, since lower price offered by competitors can take the customer away, as there are some equipments having short lifetime. Supplier bargaining power is another factor to consider for after, since there are only some subcontractors in business nowadays, and their services will be needed by many vendors. Most importantly, as a newcomer, Huawei can be a real for Ericsson threat in the future. Therefore, Ericsson need to formulate the correct strategy to face its competitor and keep on winning the competition.
Kata Kunci : Telekomunikasi,Persaingan,Vender,Strategi, Telecomunications, competitive, vendor, strategy