Formulasi strategi untuk meningkatkan nilai pemegang saham pada PT Transportasi Gas Indonesia
ALFIAN, Aan, Saefuddien Hasan, Drs., MBA
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenStrategi perusahaan merupakan rencana manajemen untuk mengawasi dan melihat posisi perusahaan dipasar, mengarahkan produksi, menarik konsumen, memenangkan persaingan dan untuk mencapai tujuan perusahaan itu sendiri yang salah satu tujuannya adalah meningkatkan nilai para pemegang sahamnya. Dalam menerapkan suatu strategi perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi yang tepat diimplementasikan oleh PT Transportasi Gas Indonesia sehubungan dengan perubahan lingkungan eksternal dan kondisi lingkungan internal di PT Transportasi Gas Indonesia. Sebagai perusahaan yang bergerak pada jasa transportasi gas bumi melalui pipa, dimana termasuk dalam golongan natural monopoli maka kompetisi didalam industri ini bukanlah kompetisi yang bersifat head to head namun lebih pada ancaman produk substitusi dan cara mengangkut gas alam tersebut. Strategi yang diterapkan tentu memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan industri lain. Dalam merumuskan strategi, penulis melakukan analisis lingkungan ekternal yaitu analisis LE PEST dan Global untuk lingkungan bisnis, analisis Five Forces Model, Key Succsess Factor, serta Driving Forces untuk lingkungan industri. Dari hasil analisis lingkungan eksternal diketahui peluang dan ancaman pada industri ini. Analisis lingkungan internal menggunakan value chain analisis untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan. Berdasarkan peluang, ancaman, kekuatan dan kelemahan perusahaan dilakukan analisis SWOT dan diperoleh strategi yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan. Strategi yang dirumuskan mengacu kepada peningkatan nilai pemegang saham yang memiliki tiga komponen utama yaitu (1) proteksi nilai, (2) optimalisasi nilai dan (3) penciptaan nilai. Dari hasil analisis disimpulkan bahwa PT Transportasi Gas Indonesia dalam jangka pendek seharusnya menerapkan strategi stabilitas dan fokus meningkatkan core competency sebagai operator transmisi gas bumi. Dalam jangka panjang perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya untuk turut serta mengembangkan infrastruktur gas bumi di Indonesia ataupun sebagai penyedia jasa operator transmisi gas bumi.
Company Strategy is management plan to control market position, conduct its operations, attract and please customers, compete successfully, and achieve organizational objectives which one of the objectives is to increase shareholder value. Company should consider the internal and external environment which has impact to the organization in implement the best strategy. This study was conducted to formulate the best strategy implemented in PT Transportasi Gas Indonesia related to changes in its external environment and current condition of internal environment. As a gas transportation company through pipeline, this industry was categorized as natural monopoly. Competition in this industry is not head to head but competition in product substitution and the way to transport gas. The strategy that should be implemented in this industry has unique characteristic compare to other industries. The strategy formulation is conduct using Analysis external environment which is LE PEST and Global for business environment; Five Forces Model, Key Success Factors and Driving Forces for Industrial environment. Those analyses are using to understand the Opportunity and the Threats in gas transportation business. Analysis internal environment is using Value Chain Analysis to understand the Strength and Weakness in PT Transportasi Gas Indonesia. Based on Opportunity, Threats, Strength and Weakness, the best strategy was formulated using SWOT Analysis. Formulated strategy should be inline with the objective of increasing shareholder value which has three components: (1) value protection, (2) value optimization and (3) value creation. Results from the analysis conclude that PT Transportasi Gas Indonesia in short run should implemented strategy stability and focus to increase its core competency in delivering gas through pipeline. In long run, the company could enlarge the business through developing gas infrastructure in Indonesia or become provider for gas transporting service.
Kata Kunci : Formulasi strategi,Nilai pemegang saham,Analisis lingkungan internal dan eksternal