Laporkan Masalah

Strategi bersaing pada segmen nasabah prioritas :: Studi kasus PT Bank Mandiri (Persero\}, Tbk

ABDULAH, Ade Hasballah, Fahmi Radhi, Dr., MBA

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi yang diterapkan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. untuk bersaing pada segmen Nasabah Prioritas dan juga Key Success Factor yang dimiliki dalam menciptakan competitive advantage atas strategi tersebut, kemudian menganalisis faktor kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang perusahaan dalam menghadapi kompetisi bisnis perbankan segmen layanan wealth management. Metode analisis yang digunakan dalam tesis ini adalah diskriptif kualitatif terhadap penerapan strategi dan pengaruhnya. Karakteristik perusahaan di dalam tesis ini berupa besarnya pasar dan pertumbuhan industri perbankan segmen layanan wealth management. Berdasarkan analisis 5-Forces Porter, didapat kesimpulan bahwa strategi bersaing pada segmen Nasabah Prioritas sangat dipengaruhi oleh tingginya tingkat persaingan, ancaman perusahaan pesaing yang membidik segmen yang sama sangat kuat, kekuatan pemasok yang rendah, daya tawar konsumen yang kuat dan ketersediaan produk subsitusi kuat. Sedangkan key success factor dalam penulisan tesis ini adalah: kepercayaan (trust), integritas (integrity), profesionalisme (proffesionalism), fokus pada pelanggan (customer focus), dan kesempurnaan (excellence). Semua data diatas diolah melalui analisa SWOT menjadi matriks SWOT.

This research’s purpose are to evaluate the strategy that applied in PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. in order to compete in the priority’s customer segment, to evaluate the Key Success Factor to establish the competitive advantage upon the strategy, and to analyze the strength, weakness, threat and opportunity in the competition in banking industry on wealth management’s segment. The methodology use to analyze the implementation of the strategy and the impact is a descriptive qualitative. The characteristics of the company are the size of the market and the growth of the banking industry on wealth management segment. According to the 5- Forces Porter analysis, the competition strategy on priority’s customer segment are affected by high level of competition, very strong threat from the competitor that aim the same segment, the weakness of the supplier, the strong customer’s bargaining power and the availability of the product substitution. Moreover, the key success factors in this thesis are trust, integrity, professionalism, customer focus, and excellence. Furthermore, the entire data mentioned above analyzed with SWOT to become SWOT’s matrix.

Kata Kunci : Segmen nasabah prioritas,Wealth management,Analisis SWOT,Key success factor,the priority’s customer segment, wealth management, SWOT analysis, key success factor


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.