Laporkan Masalah

Preferensi nasabah menabung di Bank Muamalat Indonesia :: Bank Muamalat Indonesia Cabang Banda Aceh dan Bank Muamalat Indonesia Cabang Jogjakarta

IRAWAN, Ida, Prof. Dr. Nopirin, M.A

2008 | Tesis | S2 Magister Ekonomika Pembangunan

Bank syariah merupakan salah satu sistem perbankan yang sedang mendapat perhatian sungguh-sungguh baik dari pemerintah maupun dari kalangan akademisi. Sebab jenis bank syariah dimungkinkan akan menjadi alternatif sistem perbankan yang akan berlaku di Indonesia. Jika dilihat dari sisi jumlah masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, maka peluang perkembangan bank syariah di Indonesia cukup besar. Hal ini terlihat dengan semakin banyaknya masyarakat yang menjadi nasabah bank syariah. Informasi tentang preferensi nasabah dalam menggunakan jasa bank syariah merupakan hal yang harus diperhatikan sehingga dapat mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi nasabah dalam menggunakan jasa bank syariah. Berdasarkan fenomena di atas maka penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memotivasi nasabah menabung di Bank Muamalat. Penulis melakukan penelitian di Bank Muamalat Indonesia (BMI) khususnya BMI cabang Banda Aceh dan BMI cabang Jogjakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 151 responden yang terdiri dari 55 responden dari nasabah Bank Muamalat Indonesia cabang Banda Aceh dan 96 responden dari nasabah Bank Muamalat Indonesia cabang Jogjakarta. Metode yang digunakan dalam pengambilan datanya adalah dengan face to face interview. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa faktor utama yang memotivasi nasabah menabung di Bank Muamalat cabang Banda Aceh adalah faktor Agamis yang kemudian didukung oleh faktor aksesibilitas, faktor SDM dan yang terakhir adalah faktor ekonomis. Untuk Bank Muamalat cabang Jogjakarta, faktor utama adalah faktor agamis kemudian diikuti oleh faktor aksesibilitas, faktor ekonomis dan yang terakhir faktor SDM

Syariah bank is a banking system that is get real attention from goverment as well as academician because shariah bank may be an alternative for banking system existing in Indonesia. Considering majority of Indonesian people is Moslem, opportunity for development of shariah bank in Indonesia is great. It is proved with increasingly mana people in Indonesia become customer of shariah bank. Information on customer preference in using syariah bank service is one that should be considered in using service of shariah bank. Based on the phenomena, this research has purpose to identify factors motivating customers to save in Bank Muamalat. The author made research in Bank Muamalat Indonesia (BMI) at Banda Aceh branch and Jogjakarta branch. Sample taken was 151 respondents consisting of 55 respondents from Banda Aceh branch and 96 respondents from Jogjakarta branch. Method used to collect data was face to face interview. Result of the research indicated that main factor motivating customers to save in Bank Muamalat’s Banda Aceh branch was religion factor that was also supported with accessibility, human resource and economic factors. For Bank Muamalat’s Jogjakarta branch, the main factors was religion factor, followed by accessibility, economic and human resource factors.

Kata Kunci : Syariah,Preferensi,Bank Muamalat,Korelasi Kendall,KMO dan Barlett's Test,Shariah, Preference, KMO and Barlett’s Test, Kendall Correlation


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.