Pengaruh jarak dari rel kreta api ke lokasi rumah terhadap nilai rumah :: Studi pada Kecamatan Depok Sleman, Gamping, dan Mlati Yogyakarta
PUSPORINI, Endah, Dra. Wahyu Hidayati, M.Si
2008 | Tesis | S2 Magister Ekonomika PembangunanRel kereta merupakan lintasan kereta api yang merupakan salah satu alat transportasi yang cukup penting bagi masyarakat. Keberadaan rel kereta di sekitar perumahan dapat menimbulkan gangguan bunyi bising maupun getaran serta rawan kecelakaan, sehingga dapat membawa pengaruh yang merugikan baik dari segi kenyamanan, kesehatan manusia dan nilai rumah tinggal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh jarak dari rel kereta api ke lokasi rumah terhadap nilai rumah di Kecamatan Depok Sleman, Gamping, dan Mlati Yogyakarta. Alat analisis yang digunakan berupa analisis regresi berganda dengan data cross section, variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai rumah dan variabel independen berupa luas tanah, luas bangunan, umur bangunan, dummy jarak dari rel kereta ke lokasi Hasil penelitian dengan menggunakan kriteria ekonomika, statistika, dan ekonometrika menunjukkan bahwa hanya tiga variabel independen yang memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai rumah tinggal. Variabel luas tanah, luas bangunan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai rumah tinggal dan variabel dummy jarak dari rel kereta ke lokasi rumah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai rumah tinggal. Sementara itu, umur bangunan tidak signifikan berpengaruh terhadap nilai rumah tinggal.
Railway is a train line that can be considered as one of the important public transportation for the society. The existence of railway around the housing could cause noise as well as vibration and high risk of accidents; in such a way that it can cause negative influence either comes from comfort, human health or house value perspective. The aim of the research is to analyze the distance influence from the railway to the house location towards the house value in the subdistrict of Depok Sleman, Gamping, and Mlati Yogyakarta. The analysis instrument that the writer use is multiple regression analysis with cross section data, the dependent variable in this research is the house value and the independent variables are the land width, the buildings width, the age of the buildings, and the distance dummy from the railway to the location. The results of the research by using economical, statistical, econometrical criterion show that only three independent variables that have significant influence towards the house value. The land and the buildings width variables, have a positive influence and significant towards the house value and the distance dummy variable from the railway to the house location have a negative influence and significant towards the house value. Meanwhile, the age of the buildings is not significant towards the house value.
Kata Kunci : Rel kereta api,Gangguan kebisingan rel kereta,Nilai rumah tinggal, Railway, railway noise, house value