Laporkan Masalah

Evaluasi implementasi sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Banyumas

ANDIONO, Dr. Ir. Sasongko Pramono H., DEA

2008 | Tesis | S2 Magister Teknologi Informasi

Sistem informasi merupakan sub sistem organisasi untuk mengelola informasi yang merupakan salah satu kunci sukses guna mendukung tercapainya visi dan misi suatu organisasi. Tujuan sistem informasi manajemen kepegawaian (Simpeg) adalah terciptanya database kepegawaian mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Propinsi dan Departemen Dalam Negeri yang dapat menampung, mengolah, menyimpan, menemukan kembali dan mendistribusikan data pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi dan efektifitas dari implementasi Simpeg yang sudah beroperasi membantu kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Banyumas, dengan demikian dapat diketahui apakah simpeg berhasil dan sukses serta mempunyai dampak positif terhadap kinerja individu maupun organisasional. Kerangka pemikiran yang melandasi penelitian ini adalah turunan dari teori secara umum (grand theory) dalam pengukuran kesuksesan sistem informasi (IS Success) oleh Delone dan McLean (1992) yang menyatakan bahwa kesuksesan sistem informasi dipengaruhi oleh perceived information quality dan perceived system quality merupakan prediktor yang signifikan bagi user satisfaction. Sedangkan user satisfaction juga merupakan prediktor yang signifikan bagi intended use dan perceived individual impact. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 65 responden di BKD Kabupaten Banyumas. Metode Pengujian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Struktural Equation Modelling dengan menggunakan perangkat lunak AMOS 7.0. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan dan kepuasaan pengguna, sedangkan kualitas informasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap penggunaan, akan tetapi berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna. Penggunaan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pengguna, akan tetapi penggunaan dan kepuasaan pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap dampak individu sedangkan dampak individu berpengaruh secara signifikan terhadap dampak organisasi. Secara umum, hasil teori ini tidak mendukung teori Delone dan McLean (1992), karena kualitas sistem dari simpeg belum mewakili administrasi kepegawaian dan simpeg tidak dapat dirubah sesuai dengan kebutuhan sehingga user malas untuk menggunakan dan merasa tidak puas dengan kualitas sistem tersebut.

Information system is a subsystem of organization to manage information which has become one of the succesed key to support the uses in achieving the mission and vision of an organization. The purpose of employment management information system (simpeg) is to realize the employment database from the district level, province, and national departement which can receive, manage, save, find, and distribute the employment file. This research is supposed to evaluate the influence of system quality, information quality and the effectiveness of simpeg implementation which have been run to help the government workers (PNS) in regional employment departement (BKD) of Banyumas, therefore it can be found wheter simpeg has worked well, and also has positive impact to the individual jobs and organizational. The generic idea which has become the basic in the research is the next step of grand theory in measuring the succesfulnes of information quality and perceived system quality which are the significant measurement tools for user satisfaction while user satisfaction is also the significant measurement tool for intended use and perceived individual impact. The research took 65 respondens in BKD of Banyumas districts as the sample. The testing method used in this research is structural equation modelling method using AMOS 7.0 as the software. The result of this research shows that system quality does not influence significantly to the apllication and the user satisfaction, and the information quality does not influence the apllication nevertheles the use of information system and users satisfation influences significantly to the individual impact, and it influences significantly to the organization. Generaly, this theory result does not support the Delone and McLean theory (1992), since the system quality of simpeg not representatived the employement administration and simpeg can not be changed based on the needs since the users become lazy to use and feel unsatisfied to the quality of this system.

Kata Kunci : Sistem informasi,Simpeg,Perceived system quality,Perceived information quality,Intended use,User satisfaction,Perceived individual impact,Dampak organisai


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.