Strategi peningkatan fee-based income pada commercial segment direktorat commercial banking Bank Mandiri
ZULFIRMAN, Ertambang Nahartyo, Dr., M.Sc
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenSemak:in beratnya persaingan di industri Perbankan ini menyebabkan Bank perlu melakukan rencana slrategis untuk dapat mengalokasikan sumber dayanya secara optimal dengan mengedepankan keunggulan utarnanya agar dapat rnengantisipasi atau menghadapi ancaman dari pesaing. Sebuah perencanaan strategik dapat dilakuk:an dengan baik hila dilakukan analisis secara menyeluruh terhadap suatu strategi yang telah dilakukan ataupun akan diterapkan. Salah satu analisis yang dilak:ukan adalah dengan melakukan penelitian rnengenai strategi peningkatan fee based income, direktorat Commercial Banking Bank Mandiri merupakan salah satu SBU I Strategic Business Unit pada Bank Mandiri (Persero) tbk tempat dimana studi kasus dilakukan. Hasil dari penelitian ini menghasilkan pilihan altematif strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan fee based income di direktorat Commercial Banking sehingga target yang ditetapkan oleh manajemen dapat tercapai. Analisis dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi ekstemal dan internal, key success factors dalam bisnis perbankan dan dengan didasarkan pada kekuatanlkeunggulan Bank Mandiri yang diharapkan hasilnya dapat mengantisipasi dan mensiasati ketatnya persaingan global pasar industri Perbankan di Indonesia, pilihan strategi yang dapat dilakukan adalah dengan strategi fokus (focus). Strategi focus ini dilakukan dengan cara memfokuskan produknya kepada kelompok pembeli, segrnen lini produk atau pasar geografis tertentu dan. dilaksanakan untuk melayani target konsumen tertentu secara baik, semua kebijakan fungsional dikembangkan atas dasar pemikiran bahwa perusahaan akan mampu melayani target pasamya yang sempit secara lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan para pesaing yang memiliki target yang lebih luas.
As the comp~tition in Banking Industry are getting tougher, Banks needs to do strategic plan to allocate their resources optimally with their best effort in order to anticipate or facing threat from the competitor. A strategic plan can smoothly run by doing the whole analytical about that strategic that already applied or will be applied. One of the analytical is to do research about the strategic to increase fee based income. Commercial Banking Directorate Bank Mandiri as one of the SBU ( Strategic Business Unit) in PT. Bank Mandiri (Persero),Thk is the place where this studies running. The result of this research producing many alternative strategies that can be applied to increase fee based income for Commercial Bank:ing Directorate in order to achieve the target. The analytical research has done by concerning external and internal condition, key success factors in Banking business, and based on the strength of Bank Mandiri that can anticipate the strong competition in the global industry especially in Bank industry. The strategic that can be applied and recommended is focus strategic. Focus strategic can be applied by focusing the products/services to segmented buyer, segmented product line or geographic market and operate to serve segmented target customer well. All functional regulation applied on based principal that a company will serve their narrow market target more effectively dan efficient compare to other competitor that have market target more widely.
Kata Kunci : Strategi fokus,Fee based income