Effectiveness of regional cooperation
HANGGORO, Dwi, Prof. Kiyotaka Yokomichi
2008 | Tesis | S2 Magister Perencanaan Kota dan DaerahPAWONSARI adalah kependekan dari Pacitan, Wonogiri dan Wonosari. Daerahnya meliputi tiga Kabupaten (Kabupaten Pacitan di Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah, and Kabupaten Gunungkidul di Pripinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Keijasama antar daerah di "PAWONSARI" saat ini melingkupi penyediaan air bersih, kesehatan pendidikan, transportasi dan pengembangan infiastruktur lainnya. Tujuan utama dari studi ini adalah untuk mengevaluasi apakah keijasama daerah di "PAWONSARI' pada pelayanan pendidikan di daerah lintas perbatasan sudah sesuai dan dilaksanakan secara efektif. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori dengan melakukan investigasi tentang kontribusi keijasama "PAWONSARI" terutama dalam bidang pelayanan pendidikan di lintas perbatasan. Sebagai pembahasan menggunakan pendekatan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yang didasarkan pada hasil survei serta pengumpulan informasi dari masyarakat (sebagai pengguna layanan) dan sekolah (sebagai penyedia layanan) di daerah tersebut. Untuk memperoleh validitas dilakukan analisis dg teknik triangulasi. Penemuan menunjukkan bahwa dengan desentralisi, pemerintah daerah mempunyai kewenangan dan tanggung jawab yang besar. Hal ini memungkinkan ke tiga pemerintah daerah untuk membentuk suatu keijasama daerah di "PAWONSARI" yang didasarkan pada pebuatan keputusan mereka sendiri. Pada umumnya, beberapa kasus kerjasama daerah di tiga daerah kabupaten menunjukkan efek positif untuk meningkatkan presentase murid yang bersekolah di daerah perbatasan. Kata-kata kunci: Kerjasama antar daerah dan peiayanan pendidikan di lintas Perbatasan.
PAWONSARI is the acronym from Pacitan, Wonogiri and Wonosari. The area covers three regencies (Pacitan Regency in East Java Province, Wonogiri Regency in Central Java Province, and Gunungkidul Regency in Special Region of Yogyakarta). Inter-regency cooperation in "PAWONSARI" currently covers supply of clean water, health, education, transportation and other infrastructure development. The main purpose of this study is to evaluate whether the regional cooperation in "PAWONSARI" for education services in cross-border areas have been designed appropriately and been implemented effectively. The research is an explanatory research which seeks to investigate contribution of cooperation "PAWONSARI" especially in education services in cross-border areas. The assessment used in this research is a qualitative and quantitative assessment based on results of survey that collected information from community (service users) and schools (service providers) in the region. Validity is improved through a triangulation technique. The findings showed that the decentralization provides local government with a large authority and responsibility on regional development. And that made possible for three local government to establish the cooperation in "PAWONSARI" based on their own decision-making. Generally, in many cases interregional cooperation in three regency has given a positive effect to the increasing in percentage of students enrollment from the cross-border areas.
Kata Kunci : Kerjasama antar daerah,Pelayanan pendidikan di lintas perbatasan