Persepsi masyarakat semi urban dan masyarakat rural terhadap rencana pembangunan jalan lingkar Kota Metro Propinsi Lampung
HIDAYAT, Adhytia, Ir. Bambang Hari Wibisono, MUP., M.Sc., Ph.D
2008 | Tesis | S2 MPKDPenelitian ini tentang persepsi masyarakat terhadap rencana pembangunan jalan lingkar Kota Metro, Propinsi Lampung. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi masyarakat di kawasan yang memiliki karakteristik rural dan persepsi masyarakat pada kawasan yang memiliki karakteristik semi urban; dan (2) mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat di kedua kawasan dengan karakteristik berbeda terhadap rencana pembangunan jalan lingkar Kota Metro. Kegunaan secara teoritis: (1) memberikan bahan masukan kepada Pemerintah Kota Metro tentang bagaimana persepsi masyarakat berdasarkan karakteristik wilayahnya terhadap rencana, implementasi, dan dampak pembangunan jalan lingkar Kota Metro; (2) memberikan sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan sebagai bahan perbandingan bagi penelitian lain dalam bidang perencanaan pembangunan daerah. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Metro Pusat dan di Kecamatan Metro Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deduktif kuantitatif-kualitatif. Penelitian dimulai dari teori-teori kemudian diuji di lapangan. Pengujian dan perbandingan dilakukan pada setiap variabel penelitian yang telah ditetapkan. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan nara sumber, serta pengajuan kuesioner kepada 326 responden yang diambil melalui teknik sistematis sampling. Hasil kuesioner dianalisis secara statistik dengan menggunakan frekuensi dan tabulasi silang (crosstabs), selanjutnya dilakukan uji independensi dengan menggunakan Chi Square untuk melihat signifikansi hubungan yang terjadi antar variabel penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi persepsi masyarakat semi urban terhadap rencana pembangunan jalan lingkar adalah umur, jenis pekerjaan, pendidikan, lama tinggal, informasi harga tanah, status kepemilikan tanah, informasi rencana, dan aktivitas sosial. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat rural terhadap rencana pembangunan jalan lingkar adalah umur, jenis kelamin, jenis pekerjaan, pendidikan, lama tinggal, informasi rencana, dan status kepemilikan tanah. Berdasarkan hasil penelitian ini maka direkomendasikan untuk: (1) Mengikutsertaan masyarakat dalam proses perencanaan pembangunan jalan lingkar dengan memberikan informasi dan sosialisasi sehingga masyarakat mengetahui dan memahami rencana dari pemerintah agar tidak timbul gejolak di kemudian hari; (2) Pemerintah dapat memperhatikan serta mencari solusi terhadap gangguan-gangguan apa saja yang akan dirasakan oleh masyarakat saat pembangunan jalan lingkar sehingga masyarakat tetap merasa nyaman; (3) Pemerintah dapat membuat kebijakan pasca pembangunan jalan lingkar guna menciptakan pusat-pusat pertumbuhan baru yang sesuai dengan karakteristik wilayah.
This research is about people’s perception to the plan of ring road of Metro City development, Lampung Province. The research aimed: (1) to identify people’s perception in the area which has rural and semi urban characteristics, and (2) to identify the determinant factors influenced people’s perception in both locations to the plan of ring road Metro City. The research could to contribute: (1) suggest the Government of Metro City about people perception’s due to the plan, implementation and impact of the development of Metro City ring road; and (3) to contribute to the development of knowledge and as a comparative study for other researches in the area of regional development planning. This research was conducted in Kecamatan Metro Pusat and in Kecamatan Metro selatan. The research method was deductive quantitative-qualitative. This research begins by performing theories then examining in the research area. The examination is accomplished to every research variable identified. Meanwhile, the primary data were collected by interviewing the respondents and the answers of the questionnaire of 326 respondents taken from systematical sampling. The result of the survey was then statistically analyzed using frequency and cross tabs, furthermore tested by independency examination by using Chi Square to prove the relationship between research variables significantly. The result of the research shows that the determinant factor influenced semi urban society’s perception to the plan of ring road development are: (1) age, (2) job; (3) length of stay; (4) the information of land price; (5) and social activity. The determinant factors influenced rural society to the plan of ring road development are: (1) age, (2) sex; (3) kinds of job; (4) education; (5) length of stay; (6) information of the plan and; (7) the status of land ownership. The research recommends: (1) to motivate people to participate in the planning process of ring road development by delivering information and conducting socialization in order to inform people about the plan; (2) to identify obstacles which influence the implementation of the plan; and (3) to give alternative policy to the government after the process of ring road development to create new growth centers which is suitable with the characteristics of the region.
Kata Kunci : Persepsi masyarakat semi urban,Masyarakat rural,Jalan lingkar,Rencana pembangunan kota metro