Laporkan Masalah

Strategi pemasaran ayam broiler PT. Janu Putra Sentosa Sleman

ACHMAD, Ferdian, Prof. Dr. Ir. Masyhuri

2008 | Tesis | S2 Magister Manajemen Agribisnis

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi PT. Janu Putra Sentosa, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini juga untuk mengevaluasi dan merumuskan implementasi strategi pemasaran yang terbaik dan cocok bagi PT. Janu Putra Sentosa, untuk menghadapi persaingan dan perubahan lingkungan pada industri peternakan ayam broiler. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2008. Evaluasi strategi pemasaran pada PT. Janu Putra Sentosa dilakukan dengan metode deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Metode analisis data menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, dan Threats), yang dipakai untuk mengidentifikasi faktor lingkungan internal (Kekuatan & Kelemahan) dan faktor lingkungan eksternal (Peluang & Ancaman) perusahaan. Sebelumnya, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas untuk menentukan apakah data termasuk valid dan reliabel. Hasil analisis kemudian digambarkan dalam kuadran SWOT dan diinterpretasikan pada matriks SWOT sehingga bisa diperlihatkan posisi dan arah perkembangan perusahaan dan alternatif strategi yang bisa dijalankan. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa PT. Janu Putra Sentosa berada pada kuadran 1 (satu) dengan wilayah kekuatan lebih besar daripada peluang, sehingga perusahaan harus bisa menggunakan kekuatan tersebut dengan memanfaatkan peluang yang ada. Perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang agresif (Growth Oriented Strategy) agar dapat tetap mempertahankan persaingan pada industri peternakan ayam broiler.

This research aimed to identify as well as analyze the strengths, weaknesses, opportunities and threats factor faced in PT. Janu Putra Sentosa, Sleman, Yogyakarta. And, it also aimed to evaluate and formulate the best and the compatible implementation of the marketing strategies for PT. Janu Putra Sentosa, and to face the emulation and the environmental changes in broiler farming industry. This research was done in April 2008. The evaluation on the marketing strategies of PT. Janu Putra Sentosa was done under the descriptive analysis method. The methods of data collection applied in this research were questionnaires, interviews, observations, and literature studies. The data analysis method uses the SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats) analysis, which is used to identify the internal factors (Strengths & Weaknesses) and the external factors (Opportunities & Threats) of the company. Before the identification, the validity and reliability test were done to determine whether the data was valid and reliable. The results of the analysis were described in the SWOT quadrant and then interpreted on the SWOT matrix. Thus, the position and direction of the company’s growth and applicable strategy alternatives can be elaborated. Based on the results, it shows that the position of PT. Janu Putra Sentosa, Sleman, Yogyakarta is in the quadrant 1, having the bigger strengths than its opportunities. Consequently, the company should be able to use the strengths and take the opportunities. The research suggests that the company apply the aggressive marketing strategy (Growth Oriented Strategy) to maintain its position in the competition of the broiler farming industry.

Kata Kunci : Pemasaran,Strategi,Ayam broiler,PT Janu Putra Sentosa,Growth oriented strategy, Marketing, Strategy, PT Janu Putra Sentosa, Broiler


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.