Strategi pengembangan daya saing tabungan Monas Bank DKI
SAFITRI, Hera, Dr. Gudono, MBA
2008 | Tesis | S2 Magister ManajemenBank DKI merupakan Bank Milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mempunyai peran sangat penting dalam mobilitas perekonomian di Indonesia, khususnya di Provinsi DKI Jakarta. Salah satu produk unggulan Bank DKI yang saat ini sangat potensial untuk dikembangkan adalah Tabungan Monas. Produk ini diharapkan dapat memenuhi kepentingan nasabah yang nantinya akan berpengaruh terhadap kemampulabaan Bank DKI. Seiring dengan meningkatnya persaingan dalam bisnis perbankan, Tabungan Monas perlu ditingkatkan daya saingnya agar mampu bersaing dengan produk-produk perbankan sejenis, oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan daya saing Tabungan Monas sesuai dengan target pasar yang dipilih. Pemilihan target pasar menggunakan teknik metode perbandingan eksponensial yang dimodifikasi dengan teknik perbandingan berpasangan. Analisis bauran pemasaran menggunakan model 4P dari Kotler, sementara untuk analisis daya saing menggunakan model five’s forces yang dikembangkan oleh Porter. Untuk perumusan strategi bersaing, digunakan pendekatan yang dikembangkan oleh Aaker, menggunakan teknik analytical hierarchy process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasar potensial yang dapat dipilih Tabungan Monas adalah segmen guru-guru se-DKI. Bauran pemasaran produk Tabungan Monas juga dianggap sudah cukup efektif dalam rangka meningkatkan nilai jual produk Tabungan Monas. Meskipun persaingan dalam industri perbankan saat ini sedemikian ketat, namun ternyata Tabungan Monas dianggap masih cukup bisa bersaing untuk memenangkan pasar yang saat ini menjadi target pasar sasarannya. Untuk mengembangkan daya saing produk Tabungan Monas pada pasar yang sangat kompetitif ini, strategi yang dianggap tepat untuk diimplementasikan adalah strategi diferensiasi. Strategi ini dapat dilakukan dengan cara membuat fitur produk Tabungan Monas menjadi berbeda (different) dengan produk perbankan lainnya, sehingga bagi nasabah akan terkesan unik.
Bank DKI is a Government Bank of DKI Jakarta province that plays a very important role in the Indonesia economy mobility. At this time, the Tabungan Monas is one of their very potential major products to be developed. It expected to accomplish the customer needs so that can affecting the Bank DKI profitable income. Following to the raise of competition in the business banking product. More over, the aim of this research is to formulate the Tabungan Monas strategy of competitive ability development according to the market target that has been chosen. The exponential comparison method which has been modified with the pairwise comparison technique is used to choose the market target. A marketing mix analysis uses the 4P’s model from Kotler, meanwhile for competitive analysis uses a five’s forces model which developed by Porter. To formulate the competitive strategy uses the model from Aaker approach, based on analytical hierarchy process technique. The research result shows that the Tabungan Monas potential market is teachers of DKI. A marketing mix product of the Tabungan Monas also considered quite well effective in order to improve the sale value itself. Even though the competition in business banking is very binding recently, the fact is the Tabungan Monas still considered being able to compete to win the market of their target market. To expand the competitive ability of Tabungan Monas product in the very competitive market, the differentiation strategy is considered precise to be implemented. It can be done by making the product feature being different with others, so it will be unique for the customers.
Kata Kunci : Tabungan Monas,Persaingan,Bauran pemasaran,Daya saing,Strategi deferensiasi, Tabungan Monas, Competition, A Marketing Mix, Competitiveness, Diffrentiation Strategy