Developing human resource (HR) scorecard in PT Indomarco Prismatama to align HR with strategy implementation
WICAKSONO, Fajar, Hani Handoko, Dr., MBA
2008 | Tesis | S2 Master of ManagementPengukuran faktor pendorong kinerja akan membantu perusahaan untuk menilai pengaruh strategis sumber daya manusia (SDM). HR Scorecard membantu manajer untuk mengelola aset strategis SDM dan menunjukkan sumbangan SDM terhadap sukses finansial perusahaan. Pengelolaan SDM menggunakan sistem pengukuran yang efektif akan membantu menyejajarkan tujuan individu dan tujuan perusahaan. Untuk mencapai hal itu, riset ini bertujuan untuk mengembangkan HR scorecard di PT Indomarco Prismatama. Riset ini dikategorikan sebagai studi analitis deskriptif yang bertujuan untuk: memahami karakteristik suatu grup pada situasi tertentu, berpikir sistematis tentang aspek-aspek pada situasi khusus, membuka peluang untuk riset lanjutan dan membuat kesimpulan sederhana. Proses pengumpulan data menggunakan wawancara individu dan grup dengan sepuluh orang responden. Hasil analisis tesis ini mengembangkan HR scorecard khusus bagi Indomaret terdiri atas empat tujuan yakni: tujuan keuangan, pelanggan, operasional dan strategis. Tujuan keuangan terdiri atas penciptaan nilai dan pengurangan biaya. Tujuan pelanggan terdiri atas organisasi yang kompetitif dan inovatif, serta SDM sebagai rekanan bisnis strategis. Tujuan operasional terdiri atas: proses bisnis yang optimal, pekerja yang fokus pada strategi dan penyedia bakat bagi organisasi. Tujuan strategis terdiri atas: keahlian dan kemampuan strategis, bakat manajemen dan kepemimpinan serta budaya organisasi. HR scorecard juga memiliki indikator pengukuran untuk tujuan-tujuan tersebut yang terdiri atas indikator masa lampau dan masa depan. Pengukuran terhadap persejajaran arsitektur SDM dan deliverable SDM menunjukkan adanya ketidakpersejajaran internal antar sistem SDM, dan eksternal antara sistem SDM dan deliverable SDM. Walau demikian, pengukuran menunjukkan persejajaran eksternal antara pendorong kinerja strategis dan deliverable SDM.
By measuring HR’s effect on performance drivers, a company can quantify HR’s overall strategic impact. An HR Scorecard lets managers manage HR as a strategic asset and demonstrate HR’s contribution to company’s financial success (Becker, Huselid, & Ulrich, 2001). Moreover, managing HR means to align individuals’ goal and company objective which is articulated in a good measurement system. The research has objective to develop HR scorecard in PT Indomarco Prismatama as suggested by theory. This research categorized as descriptive analytical study which helps to: understand the characteristics of a group in a given situation, think systematically about aspects in a given situation, offer ideas for further research, and make certain simple decisions. The process of data collection uses individual depth interviews (IDI), group interviews or structured questionnaire. In addition, the research will use mini-groups (ten participants) as its group size. The analysis of the thesis developed the HR Scorecard specific for Indomaret consists of four objectives: financial, customer, operations, and strategic. The scorecard financial objectives pursued value creation and costs reduction. The customer objectives covered competitive and innovative organization, and HR as strategic business partner. The operations objectives covered optimized business processes, strategy-focused workforce, and provider pool of talents. Strategic objectives focus on strategic capabilities and competencies, leadership and management talents, and organization culture. Also, the HR scorecard embedded specific measures for these deliverables consists of lagging and leading indicators. In addition, the measurement of HR architecture and HR deliverables within the organization shows internal misalignment and external misalignment between HR system and HR deliverables. Yet, external alignment between strategic performance driver and HR deliverables is exists.
Kata Kunci : HR Scorecard,Perusahaan ritel,Sistem pengukuran,SDM sebagai aset strategis, HR Scorecard, retail company, measurement system, HR as strategic asset.