Laporkan Masalah

Hubungan Pola Makan dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Remaja Puteri Pondok Pesantren Alkhairaat Pusat Palu

DARMIATI, Santi, Prof. dr. Hamam Hadi, MS, Sc.D

2008 | Tesis | S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat

Latar Belakang: Pola makan merupakan gambaran mengenai frekuensi, jenis dan jumlah bahan makanan yang dikonsumsi remaja putri sehari-hari dan merupakan ciri khas pada suatu kelompok masyarakat. Dengan demikian diharapkan pola makan yang baik dan beraneka ragam dapat memperbaiki mutu gizi makanan seseorang. Penyelenggaraan makanan di pondok pesantren Alkhairaat Pusat Palu khususnya bagi santri putri belum menggunakan standar menu, dengan keterbatasan dana yang ada menyebabkan kurang bervariasi menu yang diberikan. Hal ini tentunya akan berpengaruh terhadap pola makan dan status gizinya. Disamping itu, keadaan gizi ini juga akan mempengaruhi kemampuan belajar remaja putri di sekolah dan prestasi belajarnya. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola makan dan status gizi dengan prestasi belajar remaja putri Pondok Pesantren Alkhairaat Pusat Palu. Metode: Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan studi potong lintang (cross sectional). Penelitian dilakukan di pondok pesantren Alkhairaat Pusat Palu. Responden adalah santri remaja putri usia 13 -15 tahun yang sekolah dan tinggal di Pondok Pesantren Alkhairaat Pusat Palu tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 80 orang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pola makan dan status gizi, variabel terikat adalah prestasi belajar. Analisis statistik dengan uji chi square dengan α = 0,0500. Hasil: Hasil uji statistik variabel bebas, terikat dan kontrol menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pola makan sumber energi dengan status gizi (nilai p=0,03), pola makan sumber protein dengan status gizi (nilai p=0,022) dan pola makan karbohidrat dengan status gizi (nilai p=0,00), kadar Hb dengan prestasi belajar (p=0,013), dan intelegensi dengan prestasi belajar (p=0,020). Sedangkan untuk variabel yang tidak berhubungan adalah antara pola makan sumber lemak dengan status gizi (p=0,395), status gizi dengan prestasi belajar (nilai p=0,121), dan intelegensi dengan status gizi (0,297). Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara pola makan sumber energi, protein dan karbohidrat dengan status gizi, dan tidak terdapat hubungan antara pola makan sumber lemak dengan status gizi dan status gizi dengan prestasi belajar.

Background: Eating pattern gives an overview on frequency, types and quantity of foods consumed daily and a characteristic of certain group of people. Accordingly good eating pattern and varied consumption are expected to improve the quality of food nutrition of an individual. The provision of food at Central Alkhairaat Moslem Boarding School of Palu, particularly for female teenage students have not been based on standart of menu due to limited funding. This consequently will affect their eating pattern and nutrition status and ultimately their learning capacity and academic achievement. Objective: The objective of the study was to identify the difference in eating pattern and nutrition status and academic achievement of female teenage students of Central Alkhairaat Moslem Boarding School of Palu. Method: The study was analytic observational with cross sectional design carried out at Moslem Boarding School of Central Alkhairaat of Palu. Respondents of the study were as many as 80 female students of 13 – 15 years old studying and living at Central Alkhairaat Moslem Boarding School of Palu during academic year 2007/2008. The independent variables of the study were eating pattern and nutrition status, the dependent variable was academic achievement. Bivariable analysis was made to two variables presumably related, i.e. one independent variable and one dependent variable using chi square with α=0.0500. Result: The result of statistical test to independent, dependent and control variables showed that there was significant relationship between eating pattern of energy sources and nutrition status (p=0.03), between eating pattern of protein sources and nutrition status (p=0.022) and between eating pattern of carbohydrate sources and nutrition status (p=0.00), between Hb level and academic achievement (p=0.013), and between intelligence and academic achievement (p=0.020). There was no relationship between eating pattern of fat sources and nutrition status (p=1.00), between nutrition status and academic achievement (p=0.211), and between intelligence and nutrition status (p=0.279). Conclusion: There was significant relationship between eating pattern of energy, protein and carbohydrate sources and nutrition status. There was no significant relationship between eating pattern of fat sources and nutrition status and between nutrition status and academic achievement.

Kata Kunci : Pola makan, Status Gizi, Prestasi Belajar, Pondok Pesantren Alkhairaat Pusat Palu, eating pattern, nutrition status, academic achievement, moslem boarding school


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.