Laporkan Masalah

Analisis perilaku beresiko pengemudi di perlintasan sebidang kereta api tidak dijaga

PRASETYO, Imam, Prof. Dr. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc

2008 | Tesis | S2 Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Perlintasan sebidang antara jalan dengan jalur kereta api merupakan fenomena yang unik di dalam dunia transportasi darat sebab masing-masing moda transportasi tersebut memiliki sistem prasarana yang berbeda, dioperasikan dengan sistem sarana yang berbeda, penanggung jawab dan pengelolanya juga berbeda. Kedua moda transportasi dengan karakteristik yang berbeda tersebut bertemu di perlintasan sebidang kereta api sehingga memiliki resiko tinggi dan rawan kecelakaan. Perilaku pengemudi adalah faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas. Perilaku pengemudi yang beresiko di perlintasan sebidang kereta api tidak dijaga seperti kurang hati-hati sebelum melewati perlintasan sebidang kereta api, tidak menghentikan kendaraan walaupun kereta api sudah datang dan berhenti pada jarak yang terlalu dekat dengan jalur rel kereta api adalah perilaku pengemudi yang dapat menimbulkan kecelakaan. Penelitian perilaku beresiko pengemudi di perlintasan sebidang kereta api tidak dijaga dilakukan di perlintasan sebidang kereta api tidak dijaga No. 315 yang terletak di KM 150+386 lintas Yogyakarta – Solo antara Stasiun Brambanan dan Stasiun Srowot. Perlintasan tersebut berada di DAOP VI Yogyakarta, tepatnya di Jalan Jontaan, Desa Taji, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Analisis statistik deskriptif dilakukan terhadap data yang diperoleh dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian dan PT Kereta Api DAOP VI Yogyakarta. Identifikasi jenis perilaku beresiko dilakukan dengan observasi. Pendekatan kuantitatif dengan wawancara atau menggunakan kuesioner, yang dianalisis secara statistik mengunakan analisis korelasi dan regresi linier berganda, dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku beresiko pengemudi di perlintasan sebidang kereta api tidak dijaga. Hasil penelitian menunjukan bahwa 93% penyebab kecelakaan di perlintasan sebidang kereta api adalah karena faktor pengemudi yang tidak hatihati atau tidak mematuhi rambu lalu lintas dan sebanyak 76% kecelakaan terjadi di perlintasan sebidang kereta api tidak dijaga. Sebagian besar perilaku beresiko per-kedatangan kereta api yang dilakukan oleh pengemudi adalah tidak berhenti walaupun kereta api sudah terlihat yaitu sebanyak 44% pengemudi dan sebanyak 39% responden sering kali tidak menghentikan kendaraan sejenak saat akan melewati perlintasan. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan taraf signifikasi 5% diketahui bahwa ada pengaruh motivasi pengemudi, penegakan hukum, pintu perlintasan dan lalulintas kendaraan terhadap perilaku beresiko pengemudi. Motivasi pengemudi yaitu tidak ingin terlambat sampai ke tempat tujuan adalah faktor yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap perilaku beresiko pengemudi. Sedangkan karakteristik responden tidak berpengaruh terhadap perilaku beresiko pengemudi.

Level crossing between road and railway is a unique phenomenon in road transportation world because it has different infrastructure system, operated by different superstructure system, different authority and operator also. Those two different characteristic transportation modes meet at a railway level crossing so that it has high risk and accident prone. Driver behavior is the major factor in traffic accident. Risky driver behavior at unprotected railway level crossing such as careless before crossing a railway level crossing, not stopping the vehicle although a train was coming and stop too close distance to the track are driver behaviors which can cause an accident. The research of driver behavior at unprotected railway level crossing was located at unprotected railway level crossing no. 315 which was at KM 150+386 Yogyakarta – Solo line between Brambanan and Srowot station. It was located in DAOP VI Yogyakarta at Jontaan Road, Taji Village, Prambanan Subdistrict, Klaten Regency. Descriptive statistic analysis was done to secondary data obtained from Directorate General of Railways and PT Kereta Api DAOP VI Yogyakarta. Risky behavior identification was done by observation. Quantitative approach with interview or by questionnaire, which was analysed statistically using correlation analysis and multiple regression analysis, was done to know the influencing factors of risky behavior at unprotected railway level crossing. Result of research shown that 93% accident causation at railway level crossing was because drivers were careless or not obeying traffic sign, and 76% of accident was happened at unprotected railway level crossing. The majority of risky driver behavior during train approach was not stopping their vehicle although a train was coming, which was 44% drivers, and 39% of respondents not stopping their vehicle for while before crossed the level crossing. Base on statistical analysis with 5% level of significance known that driver motivation, level crossing barrier, law enforcement and road traffic were related to risky driver behavior. Driver motivation to be not delayed to arrive at the destination was the most dominant factor to risky driver behavior at unprotected level crossing. Driver characteristic was not related to risky driver behavior.

Kata Kunci : Kecelakaan lalu lintas,Perlintasan kereta api,Pengemudi,Perilaku,Risky Behavior, Level Crossing, Railways, Traffic Accident


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.