Laporkan Masalah

Perilaku mandiri dalam belajar ditinjau dari kebiasaan belajar dan minat membaca literatur mahasiswa D-II pendidikan guru taman kanak-kanak fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

ROLINA, Nelva, Dr. Yapsir Gandi Wirawan, M.A

2008 | Tesis | S2 Psikologi

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan hubungan antara kebiasaan belajar dan minat membaca literatur dengan perilaku mandiri dalam belajar mahasiswa D-II Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak (PGTK) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut; terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dan minat membaca literatur dengan perilaku mandiri dalam belajar mahasiswa. Perilaku mandiri dalam belajar mahasiswa diukur dengan skala perilaku mandiri dalam belajar. Kebiasaan belajar diukur dengan skala kebiasaan belajar dan minat membaca literatur diukur dengan skala minat baca literatur. Subyek penelitian ini adalah 75 mahasiswa D-II PGTK FIP UNY. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kebiasaan belajar dan minat membaca literatur dengan perilaku mandiri dalam belajar mahasiswa (F: 16.635, p: 0.000, R: 0.562, R2: 0.316). Kebiasaan belajar berperan positif yang signifikan dengan perilaku mandiri dalam belajar mahasiswa ( β : 0.497, t: 4.578, p: 0.000). Minat membaca literatur berperan positif yang signifikan dengan perilaku mandiri dalam belajar mahasiswa ( β : 0.124, t: 1.141, p: 0.258).

This research has a purpose to discover the relation of learning custom and literature reading interest with self-supporting learning in D-II studens of kindergarten teacher education (PGTK) faculty of education (FIP) Yogyakarta state university (UNY). The hypothesis was: there is positive relation of learning custom and literature reading interest with self-supporting behavior. Research variables were measured by self-supporting learning behavior scale, learning custom scale, and literatur reading interest scale. The subjects 75 D-II students of PGTK FIP UNY. Multiple regressions was used to analyze the research data. The result of analysis showed significant positive relation of learning custom and literature reading interest with self-supporting learning behavior (F: 16.635, p: 0.000, R: 0.562, R2: 0.316). Learning custom had a positive role that significant with self-supporting learning behavior ( β :0.497, t: 4.578, p: 0.000). Literature reading interest had a positive role that significant with self-supporting learning behavior ( β : 0.124, t: 1.141, p: 0.258).

Kata Kunci : Perilaku mandiri,Kebiasaan belajar,Minat belajar,Literatur mahasiswa,Self-supporting Learning Behavior, Learning Custom, Literature Reading Interest


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.