Laporkan Masalah

Pengaruh Metode Pembelajaran Jolly Phonics Terhadap Kemampuan Baca-Tulis Permulaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris pada Anak Prasekolah

RUHAENA, Lisnawati, Dr. Amitya Kumara, M.S

2008 | Tesis | S2 Psikologi

Selain matematika, membaca dan menulis permulaan adalah keterampilan dasar yang paling penting untuk anak sekolah yang harus dikuasai pada masa awal sekolah. Keterampilan membaca dan menulis ini menentukan keberhasilan anak dalam proses belajar selanjutnya karena merupakan alat untuk memperoleh informasi dan pengetahuan. Selain itu tuntutan perkembangan era globalisasi saat ini menempatkan pembelajaran bahasa Inggris sebagai upaya yang dilakukan sedini mungkin. Dengan demikian terdapat dua kebutuhan dalam hal ini, yaitu kebutuhan akan proses pembelajaran baca-tulis bahasa Indonesia dan pembelajaran bahasa Inggris. Kedua proses pembelajaran ini dapat terintegrasi dengan penggunaan metode pembelajaran Jolly Phonics, yaitu suatu metode yang mencakup pengajaran mengenal huruf, mengeja dan membaca kata, sekaligus juga mengenal kosa kata bahasa Inggris dan cara membacanya. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan baca tulis permulaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada anak prasekolah yang mendapat pengajaran dengan metode Jolly Phonics dan pada anak prasekolah yang mendapat pengajaran dengan metode regular. Subjek penelitian berjumlah 60 anak yang terdiri dari 30 anak kelompok kontrol dari TK Miftahul Jannah, dan 30 anak kelompok eksperimental dari TK Al-Azhar Syifa Budi Solo. Alat ukur yang digunakan adalah modifikasi dari Early Reading Screening Instrument (ERSI; Morris, 2000). Pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran baca tulis, kemudian diperoleh gain skor yang dianalisis dengan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa t = -2,511 dengan p= 0, 015. Hal ini berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan baca tulis bahasa Indonesia dan bahasa Inggris antara anak prasekolah yang mendapat pembelajaran dengan metode Jolly Phonics dengan anak prasekolah yang belajar dengan meotde regular. Penggunaan metode Jolly Phonics meningkatkan kemampuan baca tulis ini.

Reading and writing along with math, are the most important skills for children to be mastered in the beginning school year so they will be able to study properly. Reading and writing skills affect children academic p erformance at school, because they are tools to gain information and knowledge. Moreever, in globalization era English is very important that need to be taught as early as possible. Therefore, it’s necessary to learn basic literacy both in Indonesian and in English. Jolly Phonics method application makes it possible to do so. This method teaches children basic literacy abilities such as recognizing letter sounds, blending words, and also English vocabulary and how to read them. This study compared the Indonesian and English initial literacy abilities of children who leart them in Jolly Phonics method and children who learnt them in regular method. There were 60 children who are divided into control group and experiment group, each group consisted of 30 children. The modification of Early Reading Screening Instrument (ERSI; Morris, 2000) was used to measure literacy abilities. Measurement took place before and after literacy learning process. Then the gain scores were analyzed by t test. The results show ed that t = -2,511 w ith p= 0,015. These findings proved that the Indonesian and English literacy abilities of control group and experiment group were significantly difference. The children who learnt in Jolly Phonics method had greater ability than children who learnt in regular method.

Kata Kunci : Pembelajaran Jolly Phonics,Baca Tulis Anak Prasekolah,reading, writing, jolly phonics method, preschool children


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.