Laporkan Masalah

Project Management :: Evaluasi dan Pengembangan Electronic Project Management (E-PROMAN) di Telkom RDC (Research and Development Center)

PRASETIO, Samudra, Dr. Ir. Lukito Edi Nugroho, M.Sc

2008 | Tesis | S2 Teknologi Informasi

TELKOM R&D Center adalah merupakan unit bisnis Pendukung PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk yang secara struktural bertanggung jawab langsung kepada Direktur Network & Solution. Sejalan dengan perubahan pengorganisasian bisnis menuju pada model customer centric organization , fungsi riset dan pengembangan perusahaan lebih diberdayakan dan focus pada peran membangun kapabilitas perusahaan dalam mempersiapkan pengembangan service dan produk unggulan serta dapat mengantisipasi trend perkembangan bisnis yang berbasis teknologi informasi dan Komunikasi. Penelitian ini mencoba mencari aspek-aspek dominan yang mempengaruhi kualitas pengembangan produk berbasis perangkat lunak dari sudut pandang managemen proyek, sekaligus memberikan alternatif solusi atas permasalahan yang terjadi manakala implementasi dari produk tersebut menimbulkan permasalahan dilapangan (terdapat bug) atau bahkan terkadang tidak serta merta dapat langsung diimplementasikan dilapangan. Hasil penelitian menunjukan faktor yang mempengaruhi kondisi diatas adalah program internal untuk pengawalan proyek (E-Proman) belum didesain secara khusus untuk mampu menangani proyek yang outputnya merupakan produk berbasis perangkat lunak. Untuk itu perlu dilakukan tindakan analisis yang ditinjau dari sudut proses bisnis pengelolaan proyek (evaluasi atas desain sistem), proses bisnis E-Proman untuk mendorong perbaikan (dengan mengacu kepada SQA) serta pengamatan atas kapabilitas internal TELKOMRDC dalam mengelola proyek

TELKOM R&D Center is a supported business unit of PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk with structural responsibility direct to Network & Solution Director. As long as business organized transformation into model customer centric organization, research and development function of the company more used and focused to build company capability to prepare service development and eminent product also can anticipate business development trend which based on information and communication technology. This research attempts to scientifically search influential aspects in software product development based on project management framework, thus trying to explore some alternative solutions to solve problems appear from software produced by TELKOMRDC that installed in operational environment. The final result of this research shows, Electronic Project Management (EProman) is not design specifically to guide the project which the ouput is software based. According to this, it is suggested review on business process and system design on E-Proman refer to Software Quality Assurance and also review on TELKOM RDC’s internal capabilities in monitoring and controlling the projects.

Kata Kunci : Manajemen Proyek,Layanan Produk,Perangkat Lunak,Project, Project Management, SQA, service and product, software, software engineering


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.