Faktor-falktor Yang mempengaruhi Intensi Mahasiswa Melakukan Pembajakan Software
ALFITA, Riza, Dr. Ir. Eko Nugroho, MS
2008 | Tesis | S2 Teknologi InformasiTeknologi informasi dan komunikasi (ICT) memainkan peranan penting di dunia pendidikan. Kemampuan untuk mentransfer informasi secara efektif dan efisien, menyebabkan kalangan akademisi mengadopsi suatu teknologi komputer sebagai sarana pembelajaran, seiring berkembangnya teknologi ICT mendorong mahasiswa untuk menggunakan beberapa software yang mendukung proses belajarnya, dengan bertambahnya komputer yang digunakan dilingkungan pendidikan secara otomatis akan terjadi perkembangan dari software pendukung, yang akan berdampak pada masalah baru yaitu pemakaian software secara ilegal. Penelitian ini bertujuan mencari variabel yang berpengaruh secara signifikan terhadap intensi mahasiswa untuk melakukan pembajakan software, adapun variabel tersebut adalah : faktor GUI (Graphical User Interface), faktor kemampuan software dan kelengkapan fitur, faktor sosialisasi software, faktor kebiasaan, faktor enforcement undang-undang dan regulasi institusi kampus, faktor ekonomi, faktor gender, faktor tingkat pendidikan, faktor jurusan dan faktor etika Cara Penelitian yang digunakan adalah dengan penyebaran kuisioner menggunakan metode purposive sampling. Isi kuisioner berupa seperangkat pertanyaan yang disusun berdasarkan teori yang ada. Sebelum kuisioner dibagikan terlebih dahulu diuji coba kepada 33 responden dan dilakukan uji validitas dan reabilitasnya. Dari data yang didapatkan dilakukan uji Anova dan Uji regresi untuk mencari faktor-faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap intensi mahasiswa melakukan pembajakan software. Hasil Penelitian menunjukkan faktor etika, ekonomi, kebiasaan pengguna, kelengkapan dan kemampuan software berpengaruh secara signifikan terhadap pembajakan software sedangkan faktor GUI, sosialisasi software dan enforcement undang-undang tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pembajakan software.
ICT (Information and Communication Technology) has important roles in educational institution. University adopts the computer technology as an educational equipment to transfer the information effectively and efficiently. The developing ICT technology urges the student to use some software to support their educational process. The development of supporting software will happen automatically when campus gives additional amount of computer units, the new impact is illegally using software. This research aims to look for the variable, which has a significant influence to the student intensity to perpetrate software piracy, the variable are GUI (graphical user interface) factor, capability software and feature complement, software socialization factor, habitual factor, educational factor, department and ethic factors. This research uses questionnaries by purposive sampling method. The questionnaries content question, contracting based on the existing theory. Questions tested to the 33 responds, validity and reliability experiment will do before the questions shared. After the data collected, trials are done by ANOVA and Regression to look for the factors that has a significant influence to the student intensity to perpetrate software piracy. The research result shows that the ethic factor, economic factor, and feature complement, habitual factor, educational factor have a significant influence to the student intensity to perpetrate software piracy.
Kata Kunci : Pembajakan Software, Sosialisasi Software, Software piracy, Regression, Anova.