Laporkan Masalah

Pola Program-program Corporate Social Responsibility (CSR) :: Studi kasus pada PT. Unilever ndonesia, Tbk; PT. Sari Husada; PT. Astra Internasional, Tbk; dan PT. Aneka Tambang, Tbk

HIDAYATI, Raden Rara Nur Diana, Dr. BM. Purwanto, MBA

2008 | Tesis | S2 Manajemen

Perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki beberapa peran penting untuk turut mensukseskan program Pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan sosial dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Salah satu peran tersebut adalah dengan menjalankan program-program corporate social responsibility (CSR). Pelaksanaan programprogram CSR tersebut juga akan mendorong dunia usaha lebih etis dalam menjalankan bisnisnya sehingga terwujud sebuah pembangunan berkelanjutan yang merupakan konsep inti dari CSR. Lebih lanjut, program-program CSR yang dijalankan juga akan menciptakan reputasi positif dan keunggulan kompetitif yang dibutuhkan perusahaan dalam menghadapi persaingan bisnis. Penelitian yang menggunakan metode studi kasus ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola program-program CSR yang dijalankan oleh PT. Unilever Indonesia, Tbk; PT. Sari Husada; PT. Astra International, Tbk; dan PT. Aneka Tambang, Tbk. Keempat perusahaan tersebut dipilih menjadi obyek penelitian dalam studi kasus ini karena sebagai perusahaan go public, keempat perusahaan tersebut memiliki transparansi dan akuntabilitas yang tinggi sehingga memudahkan penulis dalam mendapatkan data dan informasi mengenai programprogram CSR yang dilaksanakan. Data primer dan sekunder yang berupa informasi mengenai program-program CSR dari keempat perusahaan tersebut diperoleh dari sustainable report yang didownload melalui website masing-masing perusahaan, pemberitaan pada media massa yang didownload melalui internet serta kajian literatur lainnya. Identifikasi yang dilakukan difokuskan pada tiga hal, yaitu keterkaitan program CSR dengan bisnis inti perusahaan; cakupan program CSR terhadap triple bottom line (ekonomi, sosial, dan lingkungan); serta pelaksanaan program CSR yang merupakan pembangunan berkelanjutan dan keunggulan kompetitif perusahaan. Hasil studi menunjukkan komitmen yang tinggi dari keempat perusahaan tersebut terhadap pelaksanaan program CSR dan etika bisnis. Keempat perusahaan tersebut juga mengupayakan untuk melaksanakan program CSR yang mencakup triple bottom line. Selain itu, juga dapat diketahui bahwa perusahaan consumer goods (Unilever Indoneisa dan Sari Husada) dan manufaktur (Astra International) melaksanakan program CSR yang terkait maupun tidak terkait dengan bisnis inti perusahaan, sedangkan perusahaan tambang (Aneka Tambang) cenderung melaksanakan program CSR yang tidak terkait dengan bisnis inti perusahaan. Temuan lain yang diperoleh dalam studi kasus ini adalah pelaksanaan program CSR, baik itu yang terkait dengan bisnis inti maupun tidak, merupakan wujud pelaksanaan pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam memahami praktik-praktik CSR yang dilaksanakan beberapa perusahaan di Indonesia.

Companies in Indonesia have important roles to contribute in the government’s programs for social welfare and to increase the people’s life quality. One of the roles is by running corporate social responsibility (CSR) programs. The execution of CSR programs will also push business world to be more ethical in their operation so that the programs lead to sustainable development as the core of CSR. Further, carried out CSR programs will also create positive reputation and competitive advantage required by the company in business competition. This case study research is aimed at identifying the pattern of CSR programs run by PT. Unilever Indonesia, Tbk; PT. Sari Husada; PT. Astra International, Tbk; and PT. Aneka Tambang, Tbk. These four companies are chosen as objects of this case study because as go public companies, they have high transparency and accountability to facilitate the researcher in obtaining data and information about their CSR programs. Primary and secondary data are in forms of information about CSR programs conducted by the four companies from sustainable reports downloaded from each respective company’s website, mass media news downloaded from the internet and other literature studies. The identification was focused on three main areas, namely: relation of CSR programs with the companies’ core businesses, coverage of the programs on triple bottom line (economic, social, and environmental); and the execution of CSR programs as sustainable development and the companies’ competitive advantage. The result of this case study shows high commitment from the four companies on the execution of CSR programs and business ethics. They also attempt to carry out the programs involving triple bottom line. Besides, this case study found that consumer goods companies (Unilever Indonesia and Sari Husada) and manufacture company (Astra International) conduct both related and unrelated CSR programs to their core businesses while (Aneka Tambang) a mining company tend to conduct unrelated CSR programs to their core business. Another finding from this case study is that both related and unrelated programs are forms of the companies’ sustainable development. The result is expected to contribute to the understanding of CSR practices carried out by companies in Indonesia.

Kata Kunci : Etika Bisnis,Program CSR,Pembangunan Berkelanjutan, Aneka Tambang, Astra International, business ethics, case study, competitive advantage, corporate social responsibility, reputation, Sari Husada, sustainable development, triple bottom line, Unilever Ind


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.