Tingkat kepuasan penumpang di Pelabuhan Penyeberangan Lintasan Merak-Bakauheni dengan metode Stated Preference :: Studi kasus penumpang kapal ferry
ALAM, Kodrat, Dr.Ir. Sigit Priyanto, M.Sc
2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik TransportasiTingkat kepuasan yang dirasakan oleh pengguna jasa di pelabuhan penyeberangan Merak, pelabuhan penyeberangan Bakauheni serta pengguna jasa di Kapal penyeberangan ferry type ro-ro tidak saja didasarkan dari standar teknis yang ada namun perlu mempelajari sikap pengguna jasa dengan memberikan pilihan pelayanan sehingga didapatkan probabilitas tingkat kepuasan pengguna jasa dari pilihan pelayanan yang diberikan. Pencapaian tingkat kepuasan pengguna jasa dengan mengukur probabilitas tingkat kepuasan dilakukan dengan menyebar kuisioner yang berisikan pilihan pelayanan dikenal dengan metode stated preference. Survei di lakukan di pelabuhan penyeberangan Merak, Bakauheni dan Kapal ferry dengan total jumlah responden mencapai jumlah 220 orang dan total observasi sebanyak 4180 buah. Kuisioner yang disebarkan berisikan pilihan pelayanan dengan kondisi baik dan buruk serta tingkat kepuasan dibuat dengan perangkingan dalam skala ordinal. Data yang di dapatkan dari hasil survei diolah dengan menggunakan ordered probit model yang merupakan model di dasari hubungan sebab akibat antara variabel yang diamati (demand) dengan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya demand. Hasil yang didapat berupa model respon pengguna jasa terhadap tingkat kepuasan dari pilihan pelayanan dan level tarif. Model respon di pelabuhan Bakauheni Y*= 0.079 - 0.147 (tarif) + 0.441 (air) + 0.456 (ruangpengaduan) + 0.485 (tempat duduk di ruang tunggu) + 0.370 (hiburan tv di ruang tunggu) + 0.275 (klinik pengobatan) + 0.689 (kebersihan) + 0.358 (areal kedatangan). Respon di Merak Y*= 0.627 - 0.365 (tarif) + 0.322 (air) + 0.408 (ruang pengaduan) + 0.430 (tempat duduk di ruang tunggu) + 0.202 (hiburan tv di ruang tunggu) + 0.406 (klinik pengobatan) + 0.477 (kebersihan) + 0.355 (areal kedatangan). Respon di Kapal ferry Y* = 0.803 - 0.169 (tarif) + 0.391 (air) + 0.222 (ruang pengaduan) + 0.198 (klinik pengobatan) + 0.393 (keamanan di Kapal) + 0.296 (kebersihan). Ketiga bentuk model menghasilkan nilai probabilitas (0.76) sangat puas di pelabuhan Merak, (0.70) sangat puas di pelabuhan Bakauheni dan (0.61) sangat puas di Kapal ferry type ro-ro. Disimpulkan bahwa dengan baiknya kualitas pelayanan akan memberikan rasa sangat puas terhadap pengguna jasa di pelabuhan Merak, Bakauheni, dan Kapal ferry type ro-ro.
Level of satisfaction felt by user in ferry port of Merak, ferry port of Bakauheni and user in ship of ferry type ro-ro is not even in basing from the technical standart need to research of user by giving service choice so that in getting probability level of satisfaction of user from service choice which in giving. Attainment of level of satisfaction of service user with measuring probability level of satisfaction is done by research with disseminating quissioner is comprising service choice in recognizing as method stated preference. Execution process of survey in doing in ferry port of Merak, Bakauheni and ship of ferry with total number of responders reachs amount of 220 and observation totality 4180 items. Questionnaire propagated comprises service choice with poor and good condition then the level of satisfaction in create with be rank in ordinal scale. The items which in getting from result of survey be running with utilizing ordered model probit part of econometric model who is modeling in constituting from causality between variables observed (demand) with factors causing the happening of demand. Result which in cans be in the form of user response model to level of satisfaction from service choice and level of cost. Response model in port Bakauheni Y*=0.079 - 0.147 (cost) + 0.441 (water) + 0.456 (denunciating room) + 0.485 (sits in waiting room) + 0.370 (entertainment amusement tv in waiting room) + 0.275 (therapy clinic)+ 0.689 (hygiene ) + 0.358 (areal arrival). Response in Merak Y*= 0.627 - 0.365 (cost) + 0.322 (water ) + 0.408 (denunciating room) + 0.430 ( sits in waiting rom) + 0.202 (entertainment amusement tv in waiting room) + 0.406 (therapy clinic) + 0.477 ( hygiene) + 0.355 ( areal arrival). Response in ferry ship y* = 0.803 - 0.169 (cost) + 0.391 ( water) + 0.222 ( denunciating room ) + 0.198 ( therapy clinic) + 0.393 ( security and safety in ship) + 0.296 ( hygiene). Third form of model yields probability value ( 0.76) very satisfying in port Merak, ( 0.70) very satisfying in port of Bakauheni and ( 0.61) very satisfying in ferry ship type ro-ro. Concluded that decently quality of service will give very satisfying taste to service user in port of Merak, Bakauheni and Kapal ferry type ro-ro.
Kata Kunci : Pelabuhan Penyeberangan,Kepuasan Penumpang, Crossing Port, Ferry Ship, Ordered Probit Model, Probability, Satisfaction of Service user