Laporkan Masalah

Faktor-faktor yang membedakan pemilihan maskapai penerbangan rute Yogyakarta-Jakarta

YULIANA, Dina, Dr. Sugiyanto

2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Penumpang angkutan udara dengan rute Yogyakarta-Jakarta mempunyai beberapa pilihan maskapai penerbangan yang dapat dipilih, antara lain Adam Air, Batavia Air, Mandala Air, Garuda Indonesia dan Lion Air/ Wings Air. Faktor yang mempengaruhi adalah tarif, pelayanan di darat (7 atribut) dan pelayanan di kabin (7 atribut). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang membedakan pemilihan maskapai penerbangan. Analisis diskriminan dapat menunjukkan perbedaan dan mengklasifikasikan penumpang ke dalam grup yang diamati. Penelitian ini dilakukan di Bandara Adisutjipto dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh 164 responden, terdiri dari 32 responden Batavia Air, 34 responden Mandala Air, 29 responden Lion Air/Wings Air, 30 responden Adam Air dan 39 responden Garuda Indonesia. Responden dalam penelitian ini adalah calon penumpang pesawat yang dipilih secara acak. Responden pernah melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat yang sama paling tidak satu kali dalam jangka waktu setahun terakhir. Dengan analisis diskriminan dilakukan klasifikasi berdasarkan 5 grup maskapai penerbangan, 4 grup maskapai penerbangan (maskapai penerbangan swasta), dan 2 grup maskapai penerbangan (Garuda Indonesia dan maskapai penerbangan swasta). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemilihan maskapai penerbangan. Faktor yang membedakan 5 grup maskapai penerbangan adalah keamanan barang, frekuensi penerbangan pesawat, tarif dan layanan di dalam pesawat seperti koran, majalah, video dan lain-lain. Keamanan barang bawaan adalah faktor yang dominan membedakan pemilihan 5 grup maskapai penerbangan. Faktor yang paling membedakan pemilihan 4 grup maskapai penerbangan adalah frekuensi penerbangan pesawat. Faktor yang membedakan 2 grup maskapai penerbangan adalah layanan di dalam pesawat (koran, majalah, video dan lain-lain), frekuensi penerbangan pesawat dan tarif. Layanan di dalam pesawat adalah faktor yang paling membedakan pemilihan 2 grup maskapai penerbangan. Analisis diskriminan berdasarkan 2 grup maskapai penerbangan mampu mengklasifikasikan responden dengan tepat.

Air passengers of Yogyakarta – Jakarta route have several alternate airlines that can be chosen such as Adam Air, Batavia Air, Mandala Air, Garuda Indonesia and Lion Air/Wings Air. The differentiating factors are: airfares, pre/post-flight services (7 attributes) and in-flight services (7 attributes). The aim of this research is to analyze factors that affect airlines choices. The discrimination analysis indicates the differences and classifies the passengers into several observed groups. This research was located in Adisutjipto Airport by using questionnaire answered by 164 respondents which were 32 respondents from Batavia Air, 34 respondents from Mandala Air, 29 respondents from Lion Air/Wings Air, 30 respondents from Adam Air and 39 respondents from Garuda Indonesia. Respondents in this research were randomly chosen airline passengers’ candidates. The respondents had traveled using the same airlines at least one in the latest year period of time. Based on discrimination analysis, the airlines are classified into 5 groups of airlines, 4 groups of airlines (private airlines), and 2 groups of airlines (Garuda Indonesia and private airlines). The result of this research indicated that there are differences in choosing airlines. The factors which differentiate 5 groups of airlines are luggage security, flight frequency, airfares and in-flight services such as newspapers, magazines, video, etc. Luggage security was a dominantly differentiating factor in choosing in these groups. The most differentiating factor in the 4 groups of airlines is flight frequency. And the differentiating factors in the 2 groups of airlines are in-flight services (newspapers, magazines, video, etc), flight frequency and airfares. Inflight service is the most differentiating factors in choosing in these groups. The discrimination analysis based on 2 groups of airlines can classify the respondents precisely.

Kata Kunci : Moda Angkutan,Pelayanan Angkutan Udara,Pemilihan Maskapai, airlines choices, discrimination analysis, airfares, pre/post-flight services, in-flight services


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.