Laporkan Masalah

Penyusunan satuan ruang parkir dan jalur gang

PRABOWO, Hestyanto, Ir. Djoko Murwono, M.Sc

2007 | Tesis | Magister Sistem dan Teknik Transportasi

Dalam perancangan fasilitas parkir sangat diperlukan satuan ruang parkir (SRP). SRP kendaraan mobil penumpang yang ada saat ini adalah 2 dimensi dan didesain pada kendaraan tunggal yang berkisar tahun 1992. Penentuan SRP mobil penumpang hendaknya diperhitungkan secara 3 dimensi karena hal ini terkait dengan perancangan SRP di dalam gedung. Penentuan SRP kendaraan mobil penumpang saat ini harus mengikuti trend perkembangan model kendaraan saat ini karena perlu klasisfikasi terhadap kendaraan mobil penumpang. Metode penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data ukuran kendaraan yang diperoleh dari pengamatan dan data sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan statistik deskriptif persentil 90 pada data hasil pengumpulan sebagai dasar dalam penentuan kendaraan standar/rencana parkir dan analisis matematis yang digunakan untuk menghitung besarnya jalur gang dan penentuan formula daya tampung parkir terhadap masing-masing kelompok/jenis kendaraan. Hasil analisis dan pembahasan yang telah dilakukan menunjukan adanya trend perkembangan terhadap ukuran dimensi kendaraan yang sangat berpengaruh terhadap penentuan SRP kendaraan. SRP kendaraan untuk mobil penumpang berdasarkan klasifikasi kendaraan untuk wilayah perkantoran dan pasar/mall untuk ukuran lebar berkisar antara 2,3 m-2,95 m, panjang 5,2 m- 6,3 m dan tinggi 2,1-2,3 m. Pemilihan sudut parkir dalam penelitian ini terdiri dari sudut 30º, 45º, 60º dan 90º dan lebar jalur gang yang dibutuhkan untuk mobil penumpang berkisar antara 232,32 cm – 1001 cm (2,3 m – 10 m). Sementara itu SRP yang dibutuhkan untuk kendaraan bus sedang dan besar adalah 2,85 m x 7,35 m dan 3,4 m x10,9 m. Untuk jenis kendaraan truk dari kelompok truk 2 as, 3 as lebih dari 3 as dan truk trailer berkisar antara 8-19 m untuk panjang dan lebar sebesar 3,4 m diantara kelompok truk truk trailer mempunyai SRP yang besar yaitu 3,4 m x 19 m. Lebar jalur gang yang dibutuhkan untuk kelompok bus dan truk adalah bus sedang 4,4 m, bus besar 5,1 m, truk 2 as 4,1 m, truk 3 as 4,2 m, truk 3 as 7 m dan trailer sebesar 7,6 m. Kata Kunci : Satuan Ruang Parkir (SRP), Jalur Gang, Daya Tampung

Designing parking facility require parking area unit (PAU). PAU of passenger automobile was 3-demenstional and designed in single vehicle of 1992. Determination of PAU of passenger vehicle should consider three dimensions because it relates to PAU design within building. Determination of PAU of passenger vehicle should follow trend of vehicle model development, because it requires classification of passenger vehicle. This research was done by collecting data of vehicle measurement obtained from observation and secondary data. Analysis used was descriptive statistics of 90 percentile of collected data as base in determination of standard vehicle/parking plan and mathematical analysis used to calculate width of passageway and determination of parking capability formula over each vehicle group/ type. Result of analysis and discussion indicated that there is trend on development of vehicle dimension that very influence determination of vehicle PAU. Vehicle PAU for passenger vehicle base on vehicle classification for office area and mall is 2.3m-2.95 wide, 5.2m-6.3m long and 2.1-2.3 height. Selection of parking angle in this research consisted of 300, 450, 600, and 900, and width of passageway required to passenger vehicle range from 232.32 cm to 1001 cm (2.3m – 10 m). Meanwhile, PAU required to medium and big bus were 2.85m x 7.35m and 3.4m x 10.9 m. PAU for truck with 2 axles, 3 axles and more than 3 axles and for trailer was 8-19 m long and 3.4 m wide, with trailer has greatest PAU of 3.4m x 19 m. Width of alley (aisle widht) required to bus and trucks groups are 4.4 m, 5.1m, 4.1m, 4.2 m, 7 m, and 7.6 m, for medium bus, big bus, 2- axle truck, 3-axle truck, more than 3-axle truck and trailer, respectively.

Kata Kunci : Fasilitas Parkir,Satuan Ruang Parkir,Jalur Gang, parking area unit (PAU), width of alley (aisle width), parking capacity formula


    Tidak tersedia file untuk ditampilkan ke publik.